Pleno Penetapan DPT Mimika Kembali Ditunda

Bagikan Bagikan
Komisioner KPU Mimika Divisi Teknis, Derek Motte 
SAPA (TIMIKA) - Sidang pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika pada pilkada serentak 2018, kembali ditunda selama sepekan, yakni hingga Rabu (23/5) mendatang.

Komisioner KPU Mimika Divisi Teknis, Derek Motte membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pihaknya harus menindaklanjuti rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika terkait adanya kegandaan data pemilih yang mencapai 1.480 orang.

"Plenonya kami tunda lagi. Karena masih harus menindaklanjuti dari Bawaslu, karena adanya pemilih ganda pada beberapa distrik," kata Derek saat ditemui Salam Papua di Kantor KPU Mimika, Jalan Yos Sudarso, Rabu (16/5) malam.

Selain alasan diatas, alasan lainnya yakni adanya surat masuk dari Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Mimika yang mengeluarkan sebanyak 7.000 surat keterangan (Suket).

"Suket yang diberikan Discapil kepada kita pengguna data hanya jumlahnya saja, tanpa melampirkan nama-namanya. Jadi ini juga menjadi hambatan untuk kita," ujarnya. 

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Disdukcapil agar segera memberikan suket dengan data yang lengkap.

Ia pun menambahkan, meski pleno penetapan DPT Kabupaten Mimika ditunda hingga sepekan kedepan, pihaknya pun akan berusaha menyelesaikan berbagai permasalahan yang menghambat proses penetapan DPT dalam waktu dekat.

"Tidak menutup kemungkinan plenonya bisa dimajukan atau tetap pada minggu depan. Apabila sudah selesai, maka kami akan pleno internal untuk menentukan apakah waktunya kita majukan atau tidak," katanya.

Hingga Rabu malam pukul 22.10 WIT, terlihat para staff KPU bersama sejumlah Panitia Pemilu Distrik (PPD) sedang menyelesaikan data daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) untuk dimasukkan menjadi DPT.

Berdasarkan pantauan Salam Papua, sebelumnya pleno penetapan DPT dilaksanakan di aula Mapolres Mimika berlangsung molor. Pasalnya, tertulis undangan kegiatan dimulai pukul 13.00 WIT, tetapi kegiatan tersebut baru dimulai pukul 17.00 WIT. Hal tersebut membuat beberapa tamu undangan yang sudah hadir akhirnya meninggalkan tempat pleno. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment