Polisi Tangkap 2 Terduga Teroris di Mimika

Bagikan Bagikan
Ilustrasi


SAPA (TIMIKA) - Dua orang warga yang bermukim di Kampung Limau Asri-SP 5, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Sabtu 5 Mei 2018 ditangkap pihak kepolisian. Kedua orang tersebut diduga merupakan jaringan teroris Jamaah Anshar Daulah (JAD) yang berencana melakukan aksi teror di Timika.

Menurut Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar, kedua pelaku merupakan sel-sel dari jaringan JAD di Indonesia. Dimana, kelompok JAD yang berpaham radikal ini diketahui berafiliasi dengan ISIS dan telah melakukan serangkaian aksi teror bom di Indonesia.

"Dua orang yang diamankan, mereka bagian dari sel-sel jaringan Jamaah Anshar Daulah. Mereka diduga kuat mempersiapkan kegiatan-kegiatan aksi teror, karena ada bahan yang sudah dipersiapkan oleh mereka," kata Kapolda saat ditemui usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Babussalam, Jalan Ki Hajar Dewantara, Jumat (11/5).

Menurut Kapolda Boy Rafly, penangkapan ini merupakan upaya antisipasi sebelum terjadi aksi-aksi yang dapat mengganggu stabilitas keamanan, khususnya di Kabupaten Mimika dan secara umum di Papua.

"Kebetulan karena mereka ada disini saja, dan kemudian ada pembelian barang-barang yang diduga kuat untuk merangkai (Bom). Jadi itu kita upayakan jangan sampai niat-niat itu terjadi disini, terwujud disini, itu yang kita cegah," ujarnya.

Setelah ditangkap, berselang dua hari kemudian, Senin 7 Mei 2018 kedua pelaku dikirim ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Dua hari langsung dibawa ke Jakarta untuk didengar keterangannya lebih lanjut, untuk dilaksanakan lebih lanjut proses penyidikan," katanya. (Sld)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment