Polsek Poumako Geledah Rumah Penjual Miras Lokal

Bagikan Bagikan
Pengeledahan rumah penjual sopi

SAPA (TIMIKA) - Polsek Poumako bersama tokoh masyarakat Poumako danTimsus Papan (Pemuda Peduli Keamanan) melakukan penggeledahan terhadap rumah yang diduga menjual dan atau menyimpan Minuman Keras (Miras) lokal pada Rabu (2/5) sekitar pukul 14.00 WIT.

Hasil kegiatan tersebut membuktikan bahwa rumah tersebut memang benar menyimpan Miras lokal, di mana ditemukan 1 botol Aqua ukuran 600 ml dan 2 liter Miras lokal jenis sopi yang dikemas dalam gen bimoli ukuran 5 liter. Diketahui pemilik rumah tersebut berinisial BE (67) yang terletak di Pelabuhan Poumako.

Kapolsek Poumako, Ipda Khairul Umam mengatakan, berdasarkan keterangan pelaku, Miras lokal jenis Sopi tersebut dibeli dari seorang masyarakat yang tinggal di pintu kubur di ujung inkubator kampung Miyoko Kaugaupu distrik Mimika Timur.

Minuman tersebut dibeli seharga Rp 25.000 per liternya dan rencananya akan dijual kembali dengan harga Rp 30.000 per botol isi 600 ml.

“Pelaku menjual minuman tersebut untuk mencari keuntungan demi kebutuhan hidupdan karena tidak adanya perhatian dari Pemerintah terhadap masyarakat Poumako,” kata Kapolsek melalui pesan singkat yang disampaikan kepada Salam Papua, Kamis (3/5).

Menurut dia, pihaknya bersama dengan tokoh masyarakat Poumako dan Timsus Papan membahas serta memberantas Miras Lokal termasuk ke pihak penjual yang berada di Kota Mimika Timur kampung Miyoko sesuai keterangan pelaku.

Kemudian, penggeledahan pun dilakukan ke tempat tersebut di sekitar pekarangan lokasi penjualan (Kebun pisang) yang berada di depan kuburan Kampung Miyoko Kaugapu Distrik Mimika Timur. Walaupun pelaku tidak ditemukan, namun Polisi berhasil menemukan Barang Bukti  (BB) Miras lokal jenis sopi yang dikemas dalam 6 gen bimoli bekas berukuran 5 liter dan 1 gen bekas berukuran 25 liter.

“Total Keseluruhan temuan sejumlah 41 Liter bersama dengan gula pasir 10 kg dan pernipam 2 bungkus,” ujarnya.

Kapolsek menambahkan, untuk pelaku BE yang beralamat di pelabuhan Pomako hanya dibuatkan Surat Pernyataan sebagai efek jera untuk tidak lagi mengulangi perbuatan menjual Miras lokal kepada masyarakat.

“Kita sampaikan hal ini agar  dijadikan sebagai peringatan kepada warga setempat agar saling mengingatkan untuk tidak lagi berjualan Miras lokal serta untuk saling menjaga Keamanan di wilayah Hukum Polsek Poumako," tambahnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment