PT TUN Makassar Tolak Kasasi KPU Mimika

Bagikan Bagikan
Surat PTTUN

SAPA (TIMIKA) – Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar mengeluarkan surat penolakan terhadap Kasasi yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatem Mimika  terhadap putusan PTTUN beberapa waktu lalu yang memutuskan pasangan Eltinus Omaleng – Johannes Rettob (OMTOB) dan Maria Florida Kotorok – Yustus Way (Marius) menjadi calon Bupati dan wakil bupati Mimika pada Pilkada 2018.

Melalui surat pemberitahuan putusan kasasi perkara Nomor 272K/TUN/PILKADA/2018 terhadap Eltinus Omaleng, menyatakan, permohonan kasasi dari pemohon kasasi yakni Ketua KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal, tidak dapat diterima dan diminta membayar biaya perkara pada tingkat kasasi sebesar Rp 500.000.

Dengan perkara yang sama pengajuan kasasi KPU yang ditujukan untuk Pasangan Marius, Nomor  272K/TUN/PILKADA/2018 pun ditolak dan diberikan sanksi yang sama, yakni membayar biaya perkara.

Dari pantauan Salam Papua, Jumat (18/5), surat tersebut diterima oleh Kasubag Umum, Logistik dan Keuangan KPU Mimika, Marwiyah yang diantar oleh kurir salah satu agen pengiriman barang.

“Ini surat dari PTTUN, dimana ditandatangi oleh Wakil panitera PTTUN Makassar, H. Apdin Trauna Munir,” ujarnya.

Sekedar diketahui, sidang sengketa Pilkada yang dilakukan di PT TUN Makassar tersebut, lantaran adanya gugatan dari pihak OMTOB terkait putusan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Mimika, terkait Keputusan KPU nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018, tentang penetapan Paslon dalam pemilihan bupati dan wakil Bupati Mimika, atas nama Eltinus Omaleng-Johannes Rettob tertanggal 18 Februari 2018 dan pihak Marius terkait jumlah dukungan perseorangan  secara faktual berbeda dengan jumlah dukungan perseorangan pada data Sistem Informasi Pencalonan (Silon). 

Sebelumnya, pihak KPU Mimika sudah mengganti SK nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 dengan SK nomor 07/HK.03.1-Kpt/9109/KPI-Kab/III/2018. Dimana pada keputusan tersebut menyatakan pasangan atas nama Eltinus Omaleng-Johannes Rettob belum memenuhi syarat (BMS) sebagai peserta Pilkada Mimika 2018. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment