Rastra Akan Disalurkan 10 Kg Per Tri Bulan

Bagikan Bagikan
Kepala Bidang Jaminan Sosial (jamsos), Dinas Sosial (Dinsos) Mimika, Yohanis Pattisina
Data Warga  Mampu Penerima Rastra Akan Dicoret
SAPA (TIMIKA) Bantuan langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos) berupa Beras Sejahtera (Rastra), sebanyak 10 kg kepada setiap warga yang dikategorikan sebagai warga kurang mampu,  akan disalurkan per tiga bulan. Warga yang dianggap mampu, akan dicoret dari daftar penerima Rastra.

Kepala Bidang Jaminan Sosial (jamsos), Dinas Sosial (Dinsos) Mimika, Yohanis Pattisina mengatakan, bantuan langsung dari kemensos tersebut dikhususkan bagi semua warga dengan kategori kurang mampu dan tersebar di seluruh kampung.

“Kita di Mimika rencananya hari rabu (Hari ini-Red) akan disalurkan. Setiap Kartu Keluarga (KK) akan dapat 10 Kg. Tetapi kita tidak tahu secara pasti berapa ton yang akan disalurkan. Penyaluran akan dilakukan di kantor Dolog. Data pasti terkait jumlah penerima rastra di Mimika ada di kantor dolog,” ungkap Yohanis saat ditemui di kantor Dinsos, Senin (30/4).

Ia mengakui, dikarenakan rastra merupakan bantuan langsung dari pusat, maka Dinsos Mimika hanya merupakan perpanjangan tangan. Sebab, proses pendataan warga penerima dilakukan oleh para pendamping, sehingga nama penerima juga akan disesuaikan dengan yang diperoleh dari pendamping.

Data Warga  Mampu Penerima Rastra Akan Dicoret
Selanjuntnya ia menjelaskan bahwa telah melakukan koordinasi bersama semua pendamping agar bisa melibatkan kepala Distrik dan Kelurahan dalam memverifikasi ulang data setiap penerima rastra. Hal ini dilakukan agar bisa mengetahui data warga yang dengan ketgori mampu ataupun tidak mampu.

“Kami sudah informasikan kepada semua pendamping supaya lakukan verifikasi data penerima dan melibatkan distrik dan kelurahan. Jangan sampai ada karywana PT Freeport atau PNS lingkup pemkab yang menerima rastra, karena rastra itu diperuntukan bagi warga yang benar-benar kurang mampu,” jelasnya.

Dengan demikian, jika dalam verifikasi ditemukan adanya warga dengan kategori bukan berdasarkan tujuan penyaluran bansos, maka datanya akan langsung dicoret dan diganti dengan warga yang benar-benar membutuhkan.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment