Sidang Sengketa Pilkada Pemohon Hadirkan Saksi Ahli

Bagikan Bagikan
Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Fegie Y. Wattimena.
SAPA (TIMIKA) – Sidang ketiga sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Mimika, antara pasangan calon Hans Magal-Abdul Muis (HAM) sebagai pemohon dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan Kabupaten Mimika sebagai termohon akan digelar Kamis (24/5), dengan agenda penghadiran saksi ahli dari pemohon maupun termohon.  Pada sidang sebelumnya, pemohon sudah membacakan aduan dan sudah dijawab oleh termohon secara tertulis.

“Besok (Hari ini-Red) merupakan sidang ketiga, dimana memasuki tahap mendengarkan keterangan para saksi baik dari pihak pemohon dan termohon. Hari ini (kemarin-Red) tidak ada sidang karena kami harus menghadiri pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Pleno PhilBas. Ini karena kami sebagai Bawaslu pengambil alih tugas Panwaslu Mimika,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Fegie Y. Wattimena saat ditemui wartawan di Graha Eme Neme Yauware usai mengikuti pleno penetapan DPT, Rabu (23/5).

Ia mengatakan, pihaknya sudah menerima jawaban yang dibuat oleh pihak termohon secara tertulis terkait aduan yang diajukan pemohon yang merasa keberatan atas putusan KPU Kabupaten Mimika Nomor 17/HK.03.Kpt/9109/KPU-Kab/V/2018 tentang perubaan kedua atas keputusan KPU Kabupaten Mimika Nomor 12 tentang penetapan pasangan HAM nomor urut 4 yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Pihak pemohon keberatan terkait putusan yang menyatakan pihaknya TMS. Sesuai prosedur pertama pemohon menyampaikan permohonan kemudian dijawab oleh termohon selanjutnya adalah pemeriksaan saksi,” ujarnya.

Peggy menjelaskan, setelah mengdengarkan keterangan para saksi, pihaknya akan melakukan musyawarah untuk membuat keputusan.

“Ini kan sidang musyawarah, jadi apabila sudah mendapat keterangan dari masing-masing pihak, kita bisa membuat kesepakatan bersama. Kalau tidak sepakat ya mereka maunya seperti apa,” katanya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment