SMK Yapis Mimika Gratiskan Biaya Sekolah Untuk OAP

Bagikan Bagikan
 Yapis Cabang Mimika, membebaskan biaya sekolah bagi
siswa Orang Asli Papua (OAP).

SAPA (TIMIKA) – Kepala Sekolah Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Cabang Mimika, Sahaka Rumagia mengatakan, pihaknya membebaskan biaya sekolah bagi siswa Orang Asli Papua (OAP). Hal tersebut sesuai dengan ketentuan keputusan Yapis Pusat Papua. Pasalnya, sekolah tersebut juga memperoleh dana dari Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

“Sistem pendidikan yang digunakan Yapis adalah sistem pendidikan nasional memakai kurikulum nasional sama dengan yayasan lain yang ada di Papua. Jadi, untuk siswa OAP yang ingin sekolah di sini, tidak perlu mengeluarkan biaya kecuali membeli pakaian sekolah, serta perlengkapan lainnya,” ujarnya kepada Salam Papua usai acara penamatan dan pelepasan siswa SMK Yapis Angkatan VI tahun ajaran 2017-2018.

Ia mengaku, hal tersebut sudah diberlakukan sejak tahun 2017 dan sudah mempunyai dua siswa non muslim. Kata ia, hal itu tidak mengganggu efektivitas sekolah yang didominasi siswa muslim tersebut.

“Persoalan dia dari golongan mana, kami tidak akan menginterverensi. Berbicara pendidikan tidak memandang sebuah golongan. Semua berhak menerima pendidikan. Kami sudah punya dua siswa,” ujarnya.

Kendati demikian, para siswa harus tetap mengikuti kebijakan yang berlaku yakni memiliki sikap dan akhlak yang mulia.

“Ini yayasan pendidikan Islam. Toleransinya seperti itu. Semua boleh bersekolah. Hanya saja dalam pelajaran agama, siswa yang non muslim akan diserahkan ke gereja untuk mendapatkan pembinaan,” ungkapnya.

Ia menegaskan, dalam proses pembelajaran, siswa non muslim maupun siswa muslim adalah sama, karena mereka memiliki hak yang sama.

“Siswa yang non muslim di sini tetap bisa mengikuti ajaran agamanya. Hanya saja,  jika ingin merayakan Natal tidak diperbolehkan di sini (di lingkungan Yapis, red). Muslim dan non muslim sama-sam sekolah di sini,” tegasnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment