Sukseskan Pilkada, Pemkab Mimika Agar Cairkan Anggaran Sisa

Bagikan Bagikan
komisioner Divisi Logistik dan Keuangan, Izak Hikoyabi.
SAPA (TIMIKA) - Untuk menyukseskan pilkada serentak di Mimika, KPU Provinsi Papua meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk segera mencairkan sisa anggaran hibah untuk pilkada Mimika yang tersisa Rp21 miliar.

“Sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) masih ada sisa anggaran, yaitu 21 miliar. Kan tahap satu dan dua sudah, yakni 39 miliar. Jadi kami harapkan paling lambat 1 Juni dana itu sudah dicairkan,” ujar Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan KPU Provinsi Papua, Izak Hikoyabi kepada wartawan di Graha Eme Neme Yauware pada Rabu (23/5).

Kata Izak, jika Pemkab Mimika tidak segera mencairkan sisa anggaran sesuai batas waktu yang diminta, itu justru akan menghambat proses pelaksanaan tahapan pilkada. Pasalnya, setelah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Mimika ditetapkan untuk pemilihan bupati (Pilbub) Mimika dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2018, proses terus berlanjut untuk pemenuhan dan pendistribusian logistik, yakni pembuatan surat suara, kotak suara dan hal-hal lainnya terkait pelaksanaan tahapan pilkada.

“Kalau sampai anggaran tersebut melebihi batas waktu permintaan atau ditunda, maka kebutuhan logistik tidak akan terpenuhi,” kata Izak.

Selain untuk memenuhi kebutuhan logistik pilkada, Izak mengatakan sisa dana tersebut juga untuk pembayaran honor Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Honor bulan terakhir untuk PPD dan PPS juga harus dibayar,” ujarnya.

Ia menegaskan, suksesnya pilkada serentak 2018 bukan hanya tugas KPU, melainkan juga tugas semua pihak termasuk pemerintah setempat. Karena pesta demokrasi merupakan hak untuk semua masyarakat juga semua pihak. Sehingga untuk menyukseskan semua itu diperlukan adanya pihak ketiga.

“Tidak mungkin KPU Mimika melakukan sendiri, baik menyangkut pencetakan maupun pendistribusiannya. Intinya, kita semua harus sama-sama menyukseskan pilkada ini, dan untuk itu harus didukung dengan adanya anggaran agar pemenuhan dan pendistribusian logistik bisa lancar,” ujar Izak.

“Dan itu harus didukung oleh anggaran. Karenanya, kami harap pemda Mimika segera mencairkan sisa anggaran yang ada,” imbuhnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment