Tim Papan Polsek Poumako Resmi Dilantik Kapolres Mimika

Bagikan Bagikan
Acara pelantikan Tim Papan Polsek Poumako oleh Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto
SAPA (TIMIKA) - Tim Papan (Pemuda Peduli Keamanan) atau Polisi Masyarakat (Polmas) Polsek Kawasan Pelabuhan Poumako resmi dilantik oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, Selasa (8/5). Sebanyak 30 orang yang masuk dalam Tim Papan resmi memiliki legalitas untuk membantu tugas kepolisian Polsek Kawasan Pelabuhan Poumako, Distrik Mimika Timur.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Poumako, Ipda Khairul Umam mengatakan, inisiatif pembentukan Tim Papan berawal dari tidakadanya perhatian pemerintah setempat terhadap anak muda di Poumako. Sebenarnya, menurut dia, anak muda di Poumako yang notabene putra asli Kamoro juga mempunyai potensi yang sangat bagus. Oleh karena itu, kepolisian akhirnya merangkul mereka untuk membantu menciptakan suasana aman di kawasan Poumako.

30 pemuda yang ikut terlibat dalam Tim Papan ini dibentuk dalam 3 regu dan akan dibentuk menjadi 3 piket setiap harinya. Mereka ini akan membantu tugas kepolisian untuk memberantas miras lokal (Milo) serta barang-barang ilegal dari kapal-kapal yang masuk di Pelabuhan Poumako. Apabila ada kejadian menonjol, mereka pun akan membantu kepolisian dalam menangani kejadian tersebut.

“Mereka sudah memiliki legalitas setelah resmi dilantik. Mereka tidak boleh semena-mena menangkap orang. Mereka hanya bertugas membantu kepolisian dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat di kawasan Poumako,” kata Ipda Khairul Umam dalam acara pelantikan Tim Papan dihalaman Polsek Kawasan Pelabuhan Poumako.

Sementara itu, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto juga mengatakan terbentuknya Tim Papan berawal dari situasi yang tidak kondusif di kawasan Poumako. Dimana, kawasan Poumako juga dikenal sebagai kawasan yang kurang aman selama ini. Oleh karena itu dengan adanya Tim Papan yang mengakomodir orang asli Papua (OAP), maka, secara perlahan situasi kawasan Poumako mulai aman.

Poumako merupakan wilayah yang strategis dan masyarakat mempunyai peran untuk membuat situasi selalu kondusif. Wilayah ini merupakan wilayah pelabuhan yang merupakan kota jasa dan menjadi pusat distribusi ke kota Timika maupun kabupaten tetangga. Oleh karena itu keamanan harus dapat dikelola dengan baik, dimana setiap harinya ada sekitar 400 kapal ikan yang sandar di pelabuham Poumako. Selain itu kawasan Poumako juga merupakan salah satu penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Mimika.

“Tim Papan merupakan tim elit yang akan menjaga keamanan, khususnya di kawasan pelabuhan, dan ini sumber inspirasi bagi daerah lain di Timika. Pelabuhan Poumako yang tadinya kawasan yang rawan, tapi saat ini sudah kondusif dengan adanya Tim Papan,” kata Kapolres AKBP Agung Marlianto.

Kapolres juga mengakui, sumber dari permasalahan yang terjadi di Mimika adalah miras. Masuknya miras ke kota Timika dan sekitarnya berasal dari Poumako. Sehingga diperlukan adanya Tim Papan untuk mengantisipasi masuknya miras melalui kapal-kapal yang sandar dipelabuhan Poumako.

Selanjutnya, salah satu tokoh masyarakat di kawasan Poumako, Benyamin Ewaki Peyauta mengapresiasi langkah Kapolsek Kawasan Pelabuhan Poumako dalam membentuk Tim Papan. Menurutnya, hanya dalam waktu 2 bulan Tim Papan sudah terbentuk dan dampaknya sudah dirasakan masyarakat setempat, terutama dari sisi keamanan. Begitu juga masalah miras yang selalu banyak beredar di Poumako, saat ini sudah berkurang.

“Kami apresiasi langkah yang diambil oleh Kapolsek Poumako yang telah memberdayakan pemuda orang Papua di Kawasan Poumako ini, untuk membantu tugas kepolisian,” ujarnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment