Warga Pemilik e-KTP dan Suket Capai 120 Ribu

Bagikan Bagikan
Warga ketika megurus dokumen kependudukan di Discapil.
SAPA (TIMIA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Mimika, Jhon Wicklif Tegai mengatakan, terhitung hingga akhir bulan April jumlah warga Mimika yang memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) sudah mencapai 120.605 warga.

Jumlah 120.605 sudah termasuk warga berusia 17 tahun atau pelajar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) se-Mimika selaku calon pemilih pemula dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) periode 2018-2023 tanggal 27 juni mendatang. 

“Sekarang sudah mencapai 120.605. Itu berarti telah mencapai 50 persen, bahkan menghampiri 60 persen. Sekarang, jumlah perekaman pemilih pemula sebanyak 772 orang, yang sudah dicetak 447 orang, yang memegang surat keterangan (Suket) sebanyak 23 orang dan ada juga sembilan orang yang belum dicetak e-KTPnya,” kata Jhon saat ditemui di kantor Discapil, Senin (30/4).

Capaian tersebut, kata John, merupakan hasil dari upaya percepatan layanan yang dilakukan sebelum dan setelah adanya penekanan dari Pjs Gubernur Papua terkait target capaian perekaman e-KTP di wilayah Provinsi Papua. Sebab, pemerintah pusat mendesak agar diakhir 2018 perekaman e-KTP di Papua harus sudah mencapai 100 persen.

Namun, menurutnya, berdasarkan pendataan di provinsi, dari sekian banyak kabupaten/kota se-Papua, Mimika merupakan kabupaten dengan capaian pencetakan e-KTP tertinggi.

“Kita sudah ketahui bersama bahwa salah satu kendala terbesar itu terkait dengan persoalan jaringan. Kalau seandainya jaringan kita bagus terus, berarti saat ini kita sudah bisa melebihi angka tersebut,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment