KPU Papua Kembali Berhentikan Sementara Ketua KPU Mimika

Bagikan Bagikan
Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan KPU Provinsi Papua,
Izak Hikoyabi.

SAPA (TIMIKA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Theodora Ocepina Magal kembali diberhentikan sementara oleh KPU Provinsi Papua hingga proses pencoblosan dan perhitungan suara Pilkada serentak 2018 sudah selesai. Ocepina dinilai tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Mimika.

“Kami sudah menyurat seminggu yang lalu kepada Ocepina untuk memposisikan dirinya ke netral. Ini berdasarkan Peraturan Bawaslu RI nomor 1, 11, dan 13 tahun 2012, khususnya pada bab III ayat 10, yang mengatakan netralitas penyelenggara agar tidak memihak kepada partai politik (parpol) maupun pasangan calon (Paslon),” ujar Komisioner KPU Papua Divisi Logistik dan Keuangan, Izak Hikoyabi kepada wartawan di Kantor KPU Mimika, Jalan Yos Sudarso, Selasa (12/6).

Ia mengatakan, melihat kondisi yang terjadi beberapa waktu ini, pihaknya kemudian melakukan konsultasi ke KPU RI untuk meminta arahan.

“Kami sudah konsultasi dengan KPU RI terutama pak Hasyim Korwil Papua. Ia pun mengarahkan ke kami untu cepat melakukan supervise dan monitoring. Apabila ada indikasi ketidaknetralan dari Ketua KPU Mimika, maka secepatnya KPU Papua mengawal KPU Mimika,” ujarnya.

Izak menjelaskan, ketidaknetralan tersebut dilihat dari adanya hubungan emosional antara Ketua KPU Mimika, dengan salah satu pasangan calon yaitu Hans Magal. Dimana, Ketua KPU merupakan adik dari calon itu.

“Apalagi banyak orang menilai, Ketua KPU Mimika punya marga yang sama dengan salah satu calon bupati. Kondisi ini juga pernah dialami Ketua KPU Papua, Adam Arisoi yang memiliki kakak sebagai calon bupati. Untuk  Ocepina telah, didiberikan surat dari KPU RI untuk tidak mengambil keputusan pada saat pleno,” katanya.

Ia pun mengatakan, pengambilan alihan tugas KPU tersebut berdasarkan Pleno yang diselenggarakan KPU Papua pada Senin (11/6) malam di Jayapura.

Adapun hasil pleno itu diantaranya, pertama,  Memberhentikan tetap Alfrets Petupetu yang awalnya sudah mengajukan pengunduran diri. Kedua, memberhentikan sementara Ketua KPU Mimika merangkap anggota sampai dengan pencoblosan dan perhitungan suara Pilkada serentak 2018 selesai. Setelah pelaksanaan tersebut, maka akan dikembalikan status dari Ketua KPU Mimika.

Ketiga, menunjuk dua orang komisioner KPU Papua, yakni Izak Hikoyabi dan Tarwinto menjadi bagian dari KPU Mimika, sehingga memenuhi kuorum.

Keempat, menunjuk Izak Hikoyabi sebagai PelaksanaTugas (Plt) Ketua KPU Mimika selama tahapan Pilkada yang sedang berjalan.

“Plenonya sudah selesai. Tinggal hari ini (Selasa 12/6-Red) kami SK kan, semoga besok (Rabu 13/6) sudah ada. sehingga KPU Papua dapat mengambil sikap tegas guna mengawal pelaksanaan Pilkada di Mimika tanpa adanya intervensi dari manapun,” ujarnya.

“Kami tidak memihak siapapun. Tugas kami mengawal dan menyukseskan Pemilu,” ujar Izak. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment