Orang Tua Harus Pro Aktif Mengontrol Pergaulan Anak

Bagikan Bagikan
Wakapolres Mimika, Kompol Arnolis Korowa 

SAPA (TIMIKA) - Maraknya perilaku Kejahatan dengan Kekerasaan (Curas), Curanmor ataupun begal di Kabupaten Mimika saat ini dengan melibatkan pelajar atau anak-anak di bawah umur  membuat  Polres Mimika mengimbau orang tua berperan aktif memantau pergaulan anaknya.

“Orang tua harus memantau pergaulan anaknya  ketika di luar rumah.  Jangan ketika sudah ditangkap polisi  baru orang tua kaget,” kata Wakapolres Mimika, Kompol Arnolis Korowa saat ditemui di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Kamis (7/6).

Menurutnya,  orang tua yang baik harus memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap pergaulan anak di luar rumah.  Orang tua harus bertanggung jawab atas setiap perilaku anaknya.

“Kalau saya di Polsek Abepura dulu, saya tetapkan aturan kepada orang tua agar wajib lapor sebagai sanksi apabila anaknya melakukan pelanggaran. Hal itu wajib dilakukan,” tegasnya.

Wakapolres menambahkan, fenomena begal dengan melibatkan anak-anak yang sebagian masih pelajar merupakan teguran keras bagi setiap orang tua yang ada di Mimika. Orang tua harus pro aktif dalam memberikan pengawasan terhadap pergaulan anak-anaknya.

 “Saya berharap ini menjadi instropeksi bagi kita selaku orang tua agar terus memantau keberadaan anak kita di luar rumah,” ujarnya.

Aksi begal yang melibatkan anak-anak di bawah umur selama ini, kata Wakapolres, merupakan kelalaian orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Terlibatnya anak-anak melakukan kejahatan di pengaruhi oleh faktor lingkungan dan pergaulan yang tidak dikontrol  oleh orang tua. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment