Paket Kegiatan Pemkab Mimika Capai 1.009 Kegiatan

Bagikan Bagikan
Kabag Pengadaan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika, Bambang Wiji Witjaksono.

SAPA (TIMIKA) – Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Mimika, Bambang Widjaksono mengatakan, saat ini sudah terdata sebanyak 1.009 paket kegiatan dari 23 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yang mana, 23 OPD telah menginput Rencana Umum Pengadaan (RUP) ke sistim Lelang Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) guna proses pelelangan program pembangunan tahun anggaran 2018.

Paket kegiatan sebanyak 1.009 tersebut merupakan data sementara. Dengan demikian, jika 36 OPD lainnya telah memasukan RUP, maka, diperkirakan jumlah paket kegiatan yang harus dilelang untuk program pembangunan tahun anggaran 2018 bisa mencapai 2.000 lebih.

“Dari 1.009 paket kegiatan tersebut, 192 diantaranya merupakan kegiatan swa kelola dan yang lainnya menggunakan sistem, tapi masih belum diumumkan. Karena pengumumannya menunggu Kelompok Kerja (Pokja) masing-masing. Intinya, OPD yang telah masukan RUP itu telah capai 50 persen. Tapi kita tidak hitung 18 distrik, karena distrik itu hanya belanja standar saja. Jadi yang kita hitung, dari 59 OPD, hanya 23 yang sudah masukan RUP,” katanya saat ditemui di Kantor LPSE, Selasa (5/6).

Ia menjelaskan, penginputan RUP tergolong lambat jika mengingat target waktu yang telah ditentukan oleh Plt Bupati, Yohanis Bassang. Namun, hal tersebut bisa dipahami karena masih banyak OPD yang mengalami kesulitan dalam menginput RUP melalui LPSE.

“Kita sudah lama edarkan surat untuk segera memasukan RUP, tapi karena masih banyak OPD yang belum mahir atau memahami sistim LPSE ini, makanya terlambat. Tapi kalau dilihat dari paket setelah 23 OPD masukan RUP itu sudah mencapai 1.009 paket, berarti kalau semua OPD sudah masuk, paket kegiatannya bisa mencapai 2.000 lebih,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment