PON 2020, Mimika Harus Tambah Provider

Bagikan Bagikan
Kepala Seksi (Kasi) Monitoring  Kementerian Komunikasi dan
Informatika (Kemenkominfo) RI, Neneng Sandra

SAPA (TIMIKA) – Kepala Seksi (Kasi) Monitoring  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Neneng Sandra menjelaskan, untuk  memperlancar jaringan telekomunikasi pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 mendatang, Kabupaten Mimika membutuhkan penambahan Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi.

Hal ini diakui Neneng karena berdasarkan data sementara, infrastruktur jaringan telekomunikasi di Mimika saat ini hanya ada satu provider yakni Telkom. Karena itu, masih harus menambahkan provider  lain seperti Indosat dan XL.

“Kami sudah melakukan pengecekan kekuatan jaringan telekomunikasi di beberapa titik venue yang nanti dilaksanakan di Mimika. Ternyata masih harus membutuhkan provider pendukung seperti Indosat dan XL. Memang Indosat dan XL sudah ada di Mimika, tapi layanannya belum ada,” ungkap Neneng usai melakukan kunjungan di MSC, Jalan Charitas, Kamis (31/5).

Dia menjelaskan, dirinya telah melakukan pengecekan untuk memperoleh data awal terkait  jaringan telekomunikasi di beberapa venue yang kelak akan dilaksanakan pertandingan PON di Mimika diantaranya, Mimika Sport Centre (MSC), lokasi olahraga Golf di Kuala Kencana serta venue yang akan dipertandingkan di hotel seperti billiard dan yang lainnya.

“Kami sudah mendapatkan hasil sementara, tetapi masih akan dilanjutkan beberapa bulan ke depan. Yang jelas kunjungan kami untuk memantau sejauhmana kesiapan khusus jaringan telekomunikasi di Mimika menjelang PON nanti,” jelasnya.

Selain mengecek sinyal jaringan telekomunikasi di setiap venue, dirinya juga akan melakukan plotting atau pengambilan data koordinat masing-maising venue serta pengecekan kualitas layanan internet.

“Kami di kementerian telah menerima surat dari Gubernur Papua terkait dengan dukungan penyelenggaraan PON. Makanya setelah adakan rapat, kami langsung datang ke Papua untuk melakukan pengecekan. Jadi, selain di Mimika, kami juga akan lakukan pengecekan di Biak, Jayawijaya, Merauke dan Jayapura. Kami bagi tim ke masing-masing kabupaten di Papua dan mulai melakukan pengukuran hari ini (kemarin, red),” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment