Sekolah Banti Akan Dibangun Dengan Konstruksi Baja Ringan

Bagikan Bagikan
Kondisi gedung SD-SMP di Banti yang dibakar KKSB.

SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika, Jeni Ohestin Usmani mengaku bahwa pembangunan gedung baru SD dan SMP di Kampung Banti, Distrik Tembagapura akan menggunakan konstruksi baja ringan. Pembangunan gedung baru sebagai pengganti gedung sekolah yang dibakar pada bulan Maret lalu.

Pembangunan gedung sekolah berlantai dua akan dilakukan secara keroyok menggunakan dana yang diakomodir Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Kemendikbud), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Disdik, serta PT Freeport Indonesia.

“Saat  kunjungan Mendikbud beberapa waktu lalu, juga langsung dilakukan koordinasi bersama konsultan.  Konsultannya langsung membuat  perancangan. Karena kita mau  pembangunannya secara keseluruhan, kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, MCK, sanitarium, laboratorium dan yang lainnya. Sekolah itu nanti menggunakan konstruksi Baja Ringan dan berlantai dua,” tutur Jeni saat ditemui di Kantor Disdik, Senin (4/6).

Ia menjelaskan, untuk mempercepat pembangunan sekolah tersebut , Ia telah melimpahkan proposal dan gambarannya ke Kemendikbud dan PT Freeport Indonesia. Sehingga, dari sekian banyak anggaran yang kelak diakomodirkan oleh Kementerian, akan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, jika dana ABPBD Disdik Mimika tidak mencukupi, maka akan didorong lagi menggunakan APBD Perubahan. Selain itu, juga akan ada bantuan dari PTFI, karena telah disepakati agar bisa membangun secara bersama atau keroyok.

Dengan demikian, meski masih dalam tahapan koordinasi, akan tetapi telah menjadi desakan dan prioritas bersama antara Kemendikbud, Disdik Mimika dan juga PTFI agar proses pendidikan di wilayah tersebut kembali berjalan normal.

“Perencanaan pembangunan dua sekolah di banti itu, sudah saya sampaikan ke Pusat dan PTFI. Jadi begitu dananya sudah ada kita langsung mulai kerja secara bersama-sama. Konsultannya juga sudah lakukan survey dan merancang pembangunannya. Yang jelas itu kerja prioritas di tahun ini,” jelasnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment