ASN Penyebar Berita Hoax Dilaporkan ke Kemenpan-RB

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE, MH.

SAPA (TIMIKA) -  Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH., mengomentari terkait  penangkapan pelaku penyebaran berita Hoax yang disinyalir merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Mimika. Menurut Bupati Eltinus, jika terbukti benar sebagai ASN maka akan dilaporkan hingga ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan - RB)

“Ada sanksinya untuk ASN yang berperilaku seperti itu. Yang sudah ditangkap oleh kepolisian itu harus diberikan hukuman sesuai dengan pelanggarannya. Tetapi bukan hanya sampai di situ saja, bagi yang terbukti ASN kami juga akan melapor sampai ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI,” kata Bupati Mimika saat ditemui usai pelaksanaan rapat evaluasi realisasi serapan anggaran Pemkab Mimika di Pandopo Rumah Negara, Kamis (19/7).

Dijelaskan, setiap pelanggaran hukum yang dilakukan oleh ASN akan berhadapan dengan Undang-Undang. Dalam artian, untuk persoalan penyebaran berita hoax ini dilakukan seorang ASN, maka akan diberhentikan dari jabatan ASN dan menjadi warga biasa.

“Itu ada Undang-undang yang mengatur hal itu. Jadi sebagai ASN itu tidak boleh menyebarkan berita hoax yang memprofokasi masyarakat  dan merugikan pihak lain,” jelasnya.

Bupati mengharapkan agar semua ASN lingkup Pemkab harus cerdas dalam menggunakan media sosial (medsos), karena jika menyebarkan kebencian melalui medsos akan berhadapan dengan hukum karena melanggar UU ITE. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment