Dinas Perikanan Mulai Rancang Perda PPI Poumako

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Perikanan Mimika, Leentje A. A Siwabessy.

SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy mengatakan pihaknya telah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) khusus Pangkalan Pendaratan  Ikan (PPI) Mimika di Poumako. Perda ini dibuat agar semua hasil laut khusus ikan di wilayah laut Mimika tidak dipasarkan ke daerah lain dengan cuma-cuma, akan tetapi harus ditarik retribusinya sebagai tambahan penghasilan bagi daerah.

“ Kami sudah laksanakan pertemuan selama  tiga kali untuk menyusun  Rancangan Perda khusus PPI Poumako agar selanjutnya dibahas bersama bagian Hukum dan diajukan ke  DPRD,” kata Leentje saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (3/4).

Ia mengaku sebelumnya Pemkab mimika tidak menerima retribusi dari hasil tangkap ikan  sehingga diharapkan dengan adanya Perda PPI, maka sebanyak apapun ikan yang dipasarkan ke luar Mimika melalui PPI Poumako akan diproses pelelangan  dan dikenai retribusi sebagai penambahan pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Kita tahu selama ini sama sekali tidak ada retribusi dari hasil ikan. BKalau sudah ada Perda, maka semua pengusaha ikan wajib melakukan proses pelelangan di PPI itu dan semuanya akan dikenakan retribusi,” ungkapnya.

Selain itu,  ia juga mengatakan  saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) RI  sedang dalam proses pelelangan untuk pembangunan Cold Storage di wilayah  PPI Poumako dengan target pembangunan dimulai  dalam tahun berjalan.  Cold storage yang akan dibangun KKP memeiliki kapasitas sebesar 200 ton.

Ia menjelaskan, pembangunan cold storage dan   Perda PPI tersebut juga memiliki kaitan erat dengan berlangsungnya PON ke XX tahun 2020 mendatang. Sebab, Mimika merupakan kabupaten penyanggah atau persinggahan bagi beberapa kabupaten lainnya di Papua.

“ Memang kita sudah ada cold storage sendiri, tapi kapasitasnya hanya 100 ton saja. Diharapkan dengan adanya cold storage ini, maka kualitas dan mutu semua jenis ikan di PPI Poumako akan terjamin dengan baik,” katanya. (Acik).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment