Insan Adhyaksa Diminta Tegakkan Supremasi Hukum

Bagikan Bagikan
Upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-58.

SAPA (TIMIKA) - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-58, Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika menggelar upacara di halaman Kantor Kejari Mimika, Jalan Agimuga-Mile 32, Senin (23/7). Dalam peringatannya yang ke-58 ini, seluruh insan Adhyaksa khususnya di Kabupaten Mimika diminta agar dapat menegakkan supremasi hukum.

Kepala Kejari (Kajari) Mimika, Alex Sumarna saat menyampaikan sambutan Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, rasa bangga dan sukacita perlu di syukuri bersama mengingat usia yang lebih dari setengah abad masih saja terdapat kekurangan dan keterbatasan dalam melaksanakan amanah yang di emban. Meski belum adanya kesempurnaan dalam bekerja dan berkarya, tetapi sudah banyak yang dihasilkan dan didedikasikan kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan penuh semangat, dengan tekad dan terus menerus untuk menegakkan hukum secara baik dan benar, agar supremasi hukum dapat ditegakkan sehingga bisa mewarnai kehidupan berbangsa di seluruh tanah air.

"Usia kita yang sudah mencapai 58 tahun merupakan usia yang sudah dewasa, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan dan keterbatasan tapi bisa diimbangi dengan dedikasi yang tinggi kepada masyarakat bangsa dan negara," kata Alex.

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa kali ini mengangkat tema "Berbakti Dengan Sepenuh Hati Menjaga Negeri". Menurut Alex, tema tersebut sangat relevan dengan upaya yang telah lakukan bersama-sama selama ini, yakni menjaga keutuhan dan upaya membangun bangsa. Namun, masih sering dihadapkan dengan berbagai masalah dan persoalan terkait keberagaman dan kebhinekaan, yang mana sangat berpotensi mengganggu keutuhan bangsa dan dapat mengancam keutuhan bangsa.

"Tema Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini sudah sepatutnya kita berusaha untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dari berbagai persoalan yang ingin memecah belah persatuan," ujarnya.

Sebagai insan Adhyaksa, perlu memahami tugas dan tanggungjawab sebagai penegak hukum yang bertujuan untuk mencegah berbagai bentuk kecurangan dan penyimpangan, serta memastikan agar program pembangunan yang di arahkan bisa menjangkau pelosok, pinggiran, terpencil, terluar, dan terdepan kota dan pedesaan selesai dengan baik, utuh dan tepat waktu sehingga dapat dinikmati oleh segenap masyarakat.

"Kita perlu memahami tugas dan tanggungjawab kita sebagai Adhyaksa dalam mencegah terjadinya kecurangan dan penyimpangan, serta memastikan program pembangunan bisa dirasakan secara menyeluruh," katanya.

Pada kesempatan ini, Kajari mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan Kejaksaan dalam melaksanakan tugasnya. Terbukti, ada banyak hasil yang ditorehkan baik dari instansi militer, pemerintah maupun insan pers yang setiap saat menyampaikan hal-hal positif terkait kinerja Kejaksaan selama ini.

"Saya juga mau menyampaikan terimakasih kepada semua pihak dengan segenap lapisan masyarakat atas partisipasi perhatian dan kerjasamanya. Dukungan yang begitu besar terhadap eksistensi kejaksaan selama ini," tuturnya.

Usai upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-58, kegiatan dilanjutkan dengan upacara HUT ke-XVIII (18) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD). HUT kali ini, IAD mengangkat tema “Satukan Hati, Siapkan Generasi Penerus Negeri”. Di mana, dalam upacara HUT IAD ke-XVIII, Ketua IAD Daerah Mimika, Ny Indrayanti Alex Sumarna juga menyampaikan sambutan Ketua Umum IAD, Ny Ros Ellyana Prasetyo.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IAD berpesan kepada anggota IAD untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat mempersiapkan generasi penerus dengan sebaik-baiknya. Meningkatkan kinerja untuk pencapaian yang optimal sesuai dengan tujuan organisasi IAD, selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan di antara anggota. Tetap menjaga kerukunan dan saling menghargai, saling menghormati, saling menyayangi dalam kehidupan keluarga, berorganisasi dan bermasyarakat. Serta senantiasa menjaga tutur kata, sikap dan perbuatan demi kehormatan diri dan keluarga, citra organisasi dan institusi secara keseluruhan.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak-anak keluarga besar Adhyaksa dan penyerahan hadiah pekan olahraga memperingati Hari Bhakti Adhyaksa. Keluar sebagai juara pertama futsal dari Kodim 1710/Mimika, juara 2 dari Kantor Imigrasi Tembagapura-Timika, dan juara 3 dari Polres Mimika. (Tomy/Sld)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment