Kakanwil Kemenkumham Papua Lantik Tiga PPNS Pemkab Mimika

Bagikan Bagikan
Tiga PPNS Pemkab Mimika dan PPNS dari Kabupaten  lain berfoto bersama Kepala Kantor Wilayah Kemenhukam Papua.

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Papua melantik tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) wilayah Papua.

Tiga  ASN yang dilantik sebagai PPNS yakni, Sekretaris Satpol PP S. Marandof, Kepala Seksi Linmas Richart Rumbara dan Sekretaris Kelurahan Tembagapura Paskalis Katiop. 

Pelantikan ini merujuk pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Dimana, pada Pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa penyidik adalah Pejabat Kepolisan Negara Republik Indonesia atau Pejabat Pegawai Negeri Sipil tertentu. 

Selain tiga ASN pemkab Mimika, juga ada perwakilan dari beberapa kabupaten lain se Papua diantaranya, Kabupaten Jayapura, Kepulauan Yapen, Boven Digoel termasuk ASN untuk PPNS Pemprov Papua.

Para PPNS yang dilantik ini diberi wewenang khusus oleh UU untuk melakukan penyidikan yaitu, serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana. 

Diantaranya, mencari serta mengumpulkan bukti-bukti, yang dengan bukti itu akan lebih jelas tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangka. Sedangkan Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disebut pejabat (PPNS) adalah Pegawai Negeri Sipil tertentu sebagaimana dimaksud dalam KUHAP, baik yang berada dipusat maupun daerah yang diberi wewenang khusus oleh Undang-Undang.

“PPNS yang baru dilantik diharapkan tidak ragu dalam menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, harus selalu berkoordinasi dengan koordinator pengawas dalam lingkup kerja masing-masing. Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudari yang baru dilantik dan selamat bekerja," ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinisi Papua, Iwan Santoso, ketika menyampaikan sambutanya dalam acara pelantikan tersebut di jayapura, Rabu (25/7) lalu. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment