KPU Mimika Belum Bisa Putuskan Status PAN

Bagikan Bagikan
Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan KPU Mimika, Reinhard Gobay.

SAPA (TIMIKA) – Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika Divisi Logistik dan Keuangan, Reinhard Gobay mengatakan, pihaknya masih belum menentukan status partai politik (Parpol) PAN Kabupaten Mimika untuk ikut memeriahkan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Hal itu lantaran PAN sudah datang melakukan klarifikasi keterlambatan pendaftaran.

“PAN sudah datang menemui kami dan menjelaskan semuanya. PAN Mimika telah memasukkan data partai dan Bacalegnya melalui DPP PAN di Jakarta saat pendaftaran lalu karena saat itu operator PAN sedang berada di Jakarta dan mengurus sesuatu. Tapi kami belum bisa pastikan statusnya nanti bagaimana,” ujarnya saat dihubungi Salam Papua melalui sambungan telepon, Kamis (26/7).

 Status Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Mimika masih menunggu hasil dari operator penghubung KPU Mimika. Hal disebabkan karena berkas partai dan Bacaleg sudah dimasukkan oleh DPP PAN beberapa jam sebelum penutupan pendaftaran Bacaleg dilakukan 17 Juli 2018 lalu.

Reinhard Gobai di Kantor KPU Mimika, Rabu (25/7) kemarin menjelaskan pihaknya sudah membangun komunikasi dengan Ketua PAN Kabupaten Mimika dan mendapat kejelasan mengenai status Bacaleg partai tersebut.

Namun Reinhard menyatakan saat ini pihaknya masih menunggu pemeriksaan kelengkapan berkas tersebut melalui operator penghubung KPU Mimika yang bertugas menanganinya.

"Saya juga menyarankan agar mereka membangun koordinasi dengan operator kami kalau memang hal itu (pemasukan data ke Silon) benar-benar sudah dilakukan," jelas Reinhard.

Jika dalam Silon, kata Reinhard, berkas PAN dapat diterima, maka pihaknya akan memberikan kesempatan untuk PAN dapat mengikuti Pemilu, khususnya Pileg, 2019 mendatang walaupun pada saat penutupan 17 Juli 2018 lalu, pengurus PAN Mimika tidak menyerahkan berkas ke KPU Mimika.

Sehingga ia menyimpulkan bahwa status PAN sampai saat ini menggantung. Ia juga menyatakan bahwa jika nantinya PAN Mimika sudah jelas statusnya, maka pemeriksaan kejiwaan, yang saat ini sudah berjalan, akan dapat menyusul. "Kalau tidak ya terpaksa kami diskualifikasi," tutupnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment