KPU Mimika Siap Hadapi Gugatan 5 Paslon di MK

Bagikan Bagikan
Kuasa Hukum KPU, Dr Heru Widodo.

SAPA (TIMIKA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menyatakan siap menghadapi gugatan dari lima pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Mimika tahun 2018  dengan pokok perkara Persilisihan Suara Hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kuasa hukum KPU Mimika, Dr. Heru Widodo SH MHum kepada Salam Papua mengatakan, pengajuan keberatan atau perselisihan ke MK merupakan hak setiap paslon. Kendati demikian, pihaknya optimis bahwa proses persidangan nanti akan berlangsung dengan memberikan hasil yang terbaik.

“Ada lima paslon dari jalur perseorangan yang melayangkan gugatan kepada KPU di MK. KPU Mimika siap, dan mari kita ikuti prosesnya dengan bijak,” ujarnya melalui sambungan telepon, Sabtu (21/7) malam.

Ia mengatakan, dari beberapa poin dalam gugatan yang dilayangkan kelima paslon tersebut, salah satunya adalah tidak adanya Surat Keputusam (SK) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 8 distrik yang ada di Kabupaten Mimika.

Delapan distrik tersebut adalah Mimika Baru, Mimika Timur Jauh, Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Distrik Jila, Kuala Kencana, Wania dan Iwaka.

“Saya belum mempelajari materinya, karena saya juga baru diangkat sebagai kuasa hukum. Tetapi, berkas-berkas yang terkait akan dibawa oleh staff KPU Mimika ke Jakarta untuk nanti saya pelajari dan mendampingi KPU Mimika dalam persidangan,” ujarnya.

Heru mengatakan, selaku penyelenggara Pilkada serentak Mimika 2018, KPPS memang wajib memiliki SK. Pasalnya, hal itu merupakan wujud legalitas.

Dia menjelaskan, gugatan tersebut pun akan dibuktikan dalam persidangan yang akan dilangsungkan oleh MK.

Menurut Heru, Senin (23/7), MK akan membahas jadwal persidangan untuk semua gugatan Pilkada serentak 2018 yang diterima.

“Setelah adanya registrasi yang dikeluarkan MK, maka otomatis jadwal persidangan untuk Mimika pun segera kita ketahui kapan waktunya. Sambil menunggu, kita juga akan memeriksa kelengkapan bukti yang dimiliki KPU Mimika,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima Paslon Bupati dan wakil bupati Mimika tahun 2018 yang melayangkan gugatan ke MK diantaranya, yakni Paslon Petrus Yanwarin-Alpius Edowai (Petraled) telah terdaftar di MK Pada Sabtu (14/7) dengan nomor tanda terima 72/PAN/PHP-BUP/2018. Sementara akta Pengajuan Permohoman No. 67/1/PAN.MK/2018.

Paslon Robertus Waropea-Albert Bolang (Rnb) gugatan terdaftar di MK, pada Jumat (13/7) dengan nomor tanda terima 68/PAN/PHP-BUP/2018. Sementara akta pengajuan permohonan nomor 63/1/PAN.MK/2018. Paslon Wihelmus Pigai-A Allo Rafra (Musa) gugatan terdaftar di MK pada Jumat (13/7), dengan nomor tanda terima 69/PAN/PHP-BUP/2018. Sementara akta pengajuan permohonan Nomor 64/1/PAN.MK/2018.

Paslon Hans Magal-Abdul Muis (HAM) gugatan telah terdaftar di MK pada Jumat (13/7) dengan nomor tanda terima 70/PAN/PHP-BUP/2018. Sementara akta pengajuan permohonan pemohon Nomor. 65/1/PAN.MK/2018. Dan Paslon Philipus Wakerwa-H Basri (Philbas) gugatan di telah terdaftar di MK pada Sabtu (14/7), dengan nomor tanda terima 71/PAN/PHP-BUP/2018. Sementara akta pengajuan permohonan Nomor 66/1/PAN.MK/2018. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment