Papua Termiskin Nomor 1 di Indonesia

Bagikan Bagikan

SAPA (JAYAPURA)  - Sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2018, Provinsi Papua menempati urutan nomor 1 sebagai yang tertinggi kemiskinannya di Indonesia dengan angka 27, 74 persen. Provinsi Papua Barat berada di nomor 2 dengan angka 23,01 persen dan Nusa Tenggara Timur (NNT) di nomor 3 dengan angka 21,35 persen.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Papua Bagas Susilo di Jayapura, Jumat (20/7), menjelaskan presentase penduduk miskin di Provinsi Papua selama enam bulan terakhir mengalami penurunan sebesar 0,02 persen poin yaitu dari 27,76 persen pada September 2017 menjadi 27,74 persen pada Maret 2018.

Garis kemiskinan (GK) di daerah perkotaan pada Maret 2018 sebesar 542.542 lebih tinggi dari GK perdesaan yang mencapai 482.000. Hal ini berarti biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup minimal yang layak (basic needs) untuk makanan dan bukan makanan lebih besar di perkotaan daripada di pedesaan.

"Bicara kemiskinan berarti bicara garis kemiskinan. Banyak orang yang hijrah dari bawah garis kemiskinan kemudian naik diatas garis kemiskinan," kata Bagas.

Seharusnya penurunan kemiskinannya banyak, kata dia, akan tetapi bersamaan dengan itu terjadi perubahan garis kemiskinannya itu naik.

"Jadi biaya hidup di Papua itu naik, kenapa naik disebabkan karena salah satu yaitu inflasi kita terbesar se Indonesia sejak itu," ujarnya.

Dia mengatakan, tetapi sebenarnya banyak orang yang sudah hijrah dari garis kemiskinan tetapi garis kemiskinannya juga naik, sehingga berkurangnya itu tidak signifikan.

"Memang masih besarnya masyarakat miskin di Papua sehingga harus membutuhkan penanganan serius," tambah dia.

Bagas juga menyebutkan data terakhir BPS pada 2017, terdapat tiga kabupaten termiskin di Provinsi Papua.  Kabupaten dengan tingkat kemiskinan tertinggi lebih dominan di daerah pegunungan Papua.

“Tiga kabupaten tersebut yang pertama Kabupaten Deiyai sebesar 43,63 persen. Selanjutnya, Kabupaten Intan Jaya sebesar 42,23 persen. Kabupaten ketiga yakni Kabupaten Yahukimo sebesar 39,33 persen,” kata Bagas.

Sementara yang paling kecil/yang terbaik yakni Kabupaten Merauke sebesar 10,81 persen. Ini mewakili kemiskinan Indonesia. Kemudian daerah selanjutnya yang tingkat kemiskinannya paling kecil Kota Jayapura sebesar 11,46 persen.
(Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment