Pemkab Diminta Segera Lakukan Pekerjaan Fisik dan Ajukan APBD-P

Bagikan Bagikan
Ketua DPRD Mimika, Elminus B. Mom.

SAPA (TIMIKA) - Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom, SE meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera melakukan pekerjaan fisik dalam APBD 2018, dan selanjutnya mengajukan APBD-P. Hal itu agar nantinya bisa menutupi kekurangan-kekurangan anggaran sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.

“OPD yang terkait harus segera menjalankan kegiatan fisik pada bulan Juli ini, karena masih belum jadi, sedangkan untuk peralatan kantor dan operasional sudah berjalan 30 persen. Sambil melakukan pekerjaan itu, sehingga di bulan Agustus OPD harus mengajukan perubahan untuk mengejar ketertinggalan,” kata Elminus Mom di Kantor DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Jumat (20/7).

Pengajuan APBD-P, kata Elminus, dapat menutupi kekurangan yang ada pada pekerjaan fisik. Pasalnya, penyerapan anggaran APBD Kabupaten Mimika sangat tidak stabil, sehingga dapat menyebabkan kekurangan dalam menjalankan proyek-proyek fisik.

“Walau anggaran sebanyak 2 triliun pun, itu pasti akan ada kekurangan pada APBD induk, karena anggaran kita ini sedang goyang, tidak stabil dan tidak normal,” katanya.

Ia juga mengatakan pengurangan anggaran tiap OPD terjadi besar-besaran untuk menutupi divisit anggaran pada tahun lalu. Untuk itu OPD diminta secepatnya memulai pekerjaan fisik dan mengajukan perubahan.

“Kekurangan terjadi karena untuk menutupi divisit anggaran tahun lalu. Maka dengan demikian banyak anggaran tiap OPD yang diturunkan hingga 50 persen. Maka dari itu segera mulai lah pembangunan fisik. Jika terlambat, nanti malah pembangunan tidak akan berjalan,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment