Pengurusan Izin Usaha Akan Gunakan Sistem OSS

Bagikan Bagikan
Pelayanan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mimika.

SAPA (TIMIKA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mimika, akan menerapkan sistim pelayanan Online Single Submission (OSS). Pelayanan system OSS ini berdasarkan  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang pelayanan perijinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

Kepala  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Mimika, Lopianus Fuakubun, SE.MSi saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem), Selasa, (10/7) mengatakan, dengan menerapkan sistim OSS maka setiap masyarakat yang mengurus perijinan dalam mendirikan suatu usaha termasuk pendirian rumah pribadi, bisa langsung memasukan data pribadi kedalam komputer. Selain itu sistim OSS juga bisa diakses di mana saja di Indonesia, dalam artian setiap masyarakat hanya membuka aplikasi OSS  dan memasukan Nomor Induk Perusahan (NIP).

“Memang sekarang kami belum terapkan sistim OSS, karena terkendala dengan peralatan. Selain itu, SDM kami juga masih harus terus dibenahi. Kalau aplikasinya sudah kita siapkan. Intinya nanti kalau siapa saja yang datang untuk mengurus di kantor kami, maka langsung diarahkan untuk memasukan datanya sesuai dengan NIP. Kurang lebih seperti KTP,“ katanya.

Ia juga mengatakan bahwa, pelayanan sistim OSS  disebut juga sebagai pelayanan mandiri, sehingga masyarakat tidak harus mengantri jika ingin melakukan pengurusan atau memperpanjang ijin perusahaan. Jadi semuanya sistim online dan akan  lebih mudah.

“Pelayanan OSS ini berlaku secara nasional dan sudah dilounching secara resmi oleh Presiden di pada bulan juni lalu. Kami sekarang fokus dengan hal itu dengan harapan dalam tahun ini juga kami sudah bisa melakukan pelayanan dengan sistim OSS,”  katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment