Satreskoba Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMP St Bernadus

Bagikan Bagikan
Sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada peserta MOS SMP St Bernadus Timika.

SAPA (TIMIKA) - Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Mimika, Jumat (13/7), melakukan sosialisasi bahaya narkoba dikalangan anak sekolah kepada peserta masa orientasi sekolah (MOS) di SMP St Bernadus Timika.

"Ini adalah momen yang paling pas. Mengingat sekarang ini adalah masa orientasi sekolah, sehingga kita melakukan sosialisasi ini," kata Kepala Satreskoba Polres Mimika, Iptu Laurentius Kordiali, Jumat (13/7).

Menurut Kordiali, materi yang disampaikan kepada peserta MOS adalah pengertian tentang narkoba, serta jenis-jenis narkoba, ciri-ciri orang yang telah menggunakan narkoba dan bahaya menggunakan narkoba.

"Selain itu penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan yang marak atau beredar di Kabupaten Mimika berupa sabu, ganja, dextro, somadril, komix, lem fox atau lem aibon dan milo (minuman keras lokal)," ujarnya

Lanjut Kordiali, di Kabupaten Mimika sejauh ini sering terjadi penyalahgunaan obat-obatan dikalangan anak sekolah, seperti misalnya mengonsumsi obat komix secara berlebihan, pil dextro dan somadril. Oleh karena itu, para peserta MOS yang mengikuti sosialisasi diharapkan tidak ikut terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan dan juga lem fox maupun aibon.

Selain menyampaikan materi narkoba, kepada peserta MOS juga diputarkan video singkat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Kami hanya menghimbau agar pelajar tidak terlibat dan terjerumus ke dalam penggunaan obat-obatan tersebut, karena akan merugikan diri sendiri, keluarga serta lingkungan masyarakat sekitar," ujar Kordiali.

Dengan pemahaman yang diperoleh setelah mengikuti sosialisasi bahaya narkoba, para perserta diharapkan juga dapat mencegah dan menangkal penyalahgunaan narkoba yang dimulai dari diri sendiri, dengan melakukan hal-hal positif seperti misalnya aktif dalam kegiatan yang bersifat prestasi serta kegiatan-kegiatan kerohanian.

Sosialisasi bahaya narkoba diikuti oleh sebanyak 240 peserta MOS di SMP St Bernadus. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment