11 Daerah Ikut Kejurda Atletik di Yapen

Bagikan Bagikan
Ilustrasi - Kejurda Atletik di Kepulauan Yapen, Papua. (Foto-istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Kurang lebih 300 atlet dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Papua mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua yang berlangsung di Kabupaten Kepulauan Yapen. Kejurda ini juga sebagai ajang seleksi atlet PON ke XX Tahun 2020.

11 daerah yang ikut ambil bagian dalam kejuaraan tersebut antara lain tuan rumah Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten  Waropen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Kabupaten Kepulauan Yapen, Niko P Imbiri, S.Pd, Kejurda Atletik di Yapen akan berlangsung di Kota Serui selama enam hari, mulai dari tanggal 27 Agustus hingga 1 September 2018. Di mana, Kejurda ini merupakan bentuk dan dukungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dalam mensukseskan prestasi kontingen Papua pada PON ke XX Tahun 2020 di Papua.

“Pembukaan Kejurda telah berlangsung pada hari Senin, tanggal 27 Agustus 2018 dan akan ditutup pada tanggal 1 September mendatang. Kejurda ini diikuti 11 kabupaten dan kota dengan jumlah official 16 orang, pelatih 44 orang dan atlet berjumlah 252. Jumlah atlet masih bertambah karena sejak pembukaan hingga hari ketiga ini masih ada atlet yang datang ke Serui untuk ikut lomba,”ungkap Imbiri yang juga Ketua Panitia Kejurda dalam keterangan pers Humas KONI Papua yang diterima Salam Papua, Rabu (28/8).

Imbiri mengharapkan dengan dilaksanakannya Kejurda tersebut, dapat melahirkan atlet-atlet terbaik Papua untuk nantinya dipersiapkan menuju PON XX.

“Kami berharap Kejurda ini dapat memberikan kontribusi bagi Papua dalam menghadapi PON nanti,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Papua, Amon Beroperasy, SH usai menyaksikan lomba lari nomor 200 meter Senior Putra yang berlangsung di Lintasan Atletik Stadion Marora, Serui, mengatakan bahwa hingga hari Rabu (29/8) para atlet yang mengikuti Kejurda Atletik sudah mencapai 650 atlet. Ratusan atlet ini berlomba dalam tiga kategori, yakni kategori atlet junior putra putri, kategori atlet remaja putra putri dan kategori atlet senior putra putri.

“Untuk nomor lombanya masing-masing kategori junior, remaja dan senior masing-masing 20 nomor, terdiri dari nomor lari, lompat, lempar dan tolak,” ujar Amon.

Dari 650 atlet tersebut, nantinya dilakukan penyaringan hingga mendapatkan kurang lebih 66 atlet untuk mengikuti tes lanjutan guna persiapan menjalani Trainning Center (TC) atau pemusatan latihan menjelang PON.

“Sesuai dengan kuota PON XX yang sudah disepakati PASI Pusat adalah sebanyak 366 atlet. Dan dari kuota tersebut, Papua sebagai ruan rumah mendapatkan jatah 66 atlet. Maka itu, Kejurda ini menjadi basic (dasar) bagi pembentukan tim Atletik Papua,” jelasnya.

Ia menambahkan, tim Atletik Papua untuk PON XX akan disempurnakan pada event berikutnya, yakni Kejuaraan Atletik Papua Open. Event berkelas nasional itu dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Desember 2018 di Kabupaten Mimika.

“Setelah kerangka tim Atletik PON Papua digodok usai Kejurda ini, maka penyempurnaannya akan dilakukan pada event Papua Open yang diikuti seluruh atlet dari semua provinsi. Dalam ajang ini juga sekaligus uji coba venue lintasan Atletik di Timika,” katanya. (Sld)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment