BTS Kokonao Belum Bisa Difungsikan

Bagikan Bagikan
 BTS Kokonao.(Foto-Acik)
SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mimika, Dionisius Mameyao, SH.M.Si., mengatakan hingga saat ini Base Transceiver Station (BTS) di Distrik Kokonao belum bisa beroperasi atau difungsikan. Karena belum tersedia biaya operasional untuk mengaktifkan BTS yang akan menguatkan jaringan komunikasi di wilayah pedalaman tersebut.

Dionisius Mameyau menjelaskan bahwa Mimika tidak termasuk program Terdepan, Terluar Dan Tertinggal (3T), karena itu pembangunan infrastruktur komunikasi ke pedalaman pantai hanya mengandalkan Anggaran Pendaptan Dan Belanja Daerah (APBD)  tahun berjalan. Sedangkan untuk membangun satu  BTS harus  menelan anggaran hingga Rp 7 Miliar.

“Sampai  saat ini BTS di Kokonao belum bisa dioperasikan, karena biaya operasionalnya belum ada. Tahun 2017 lalu Kominfo  masukan usulan ke Telkomsel  untuk biaya operasional sekaligus operasionalnya, tetapi telkomsel mengaku terlalu mahal dan merasa rugi dari segi ekonomis,” jelasnya.

Selain itu, telkomsel juga BTS itu tidak bisa dioperasikan karena belum adanya pasokan listrik. Sebab, PLN di Kokonao juga belum beroperasi, tetapi sedang dalam upaya untuk melihat kekurangan-keurangannya. 

“ Kominfo akan mengusulkan anggaran di APBD tahun 2019, sehingga secara efektif BTS Kokonao akan beroperasi di tahun 2019. Selanjutnya kita akan melihat BTS-BTS di wilayah lainnya, tetapi itu akan tetap melihat kemampuan dari telkomsel, baik da ri segi perbankan untuk mentransfer pulsa dan hal lainnya,” katanya. (Acik).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment