Bupati Kukuhkan Anggota Paskibra Kabupaten Mimika

Bagikan Bagikan

Bupati Mimika. Eltinus Omaleng bersama anggota Paskibraka Kabupaten Mimika. (Foto-Saldi)


SAPA (TIMIKA) – Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, akhirnya mengukuhkan 40 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang dilatih Satuan Brimob Batalyon B Polda Papua menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 di Kabupaten Mimika.

Bertempat di Graha Eme Neme Yauware, Kamis (16/8), digelar upacara pengukuhan anggota paskibra Kabupaten Mimika yang dipimpin Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. Hadir dalam upacara ini para anggota Forkopimda dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) beserta para orang tua anggota paskibra.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa peringatan hari kemerdekaan RI tidak terlepas dari peranan para pasukan pengibar bendera atau paskibra. Sebagai persiapan, mulai dari latihan fisik hingga mental telah dilakukan untuk mengibarkan sang saka merah putih pada tanggal 17 Agustus besok.

“Setelah menjalani berbagai tahapan seleksi yang ketat di antara pelajar-pelajar berbagai sekolah di Kabupaten Mimika, akhirnya 40 anggota pasukan pengibar bendera Kabupaten Mimika terpilih siap dikukukan pada malam hari ini,” kata Bupati.
Upacara pengukuhan anggota Paskibra. (Foto-Saldi)


Menurut Bupati, 40 anggota paskibra yang telah dikukuhkan malam ini merupakan putra putri terbaik Kabupaten Mimika yang patut dibanggakan. Sebab, proses pelatihan yang cukup padat telah dilalui dengan penuh semangat dan kesabaran demi suksesnya pengibaran bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke-73 tahun 2018 di Kabupaten Mimika.

Paskibra, kata Bupati, merupakan wadah penyatuan generasi muda dalam membentuk karakter selama masa pelatihan-pelatihan. Oleh karena itu, pengukuhan yang dilaksanakan malam ini bukan sebagai seremonial belaka, tetapi harus diresapi dan direnungkan agar bermakna, dan untuk menanamkan dan menumbuhkan kebanggaan jiwa dan rasa nasionalisme.

“Kepercayaan yang diberikan kepada anak-anak sekalian sebagai paskibra Kabupaten Mimika, agar dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan bertanggungjawab, serta saling menjaga kebersamaan dan kekompakan satu dengan yang lain,” ujar Bupati.

Dengan menjadi anggota paskibra, tentunya menjadi suatu prestasi tersendiri yang menunjukkan bahwa anggota paskibra adalah generasi muda yang telah siap berperan dalam membangun bangsa dan Negara, khusunya di Kabupaten Mimika.

“Tugas dan tanggung jawab sebagai pasukan pengibar bendera merah putih merupakan tugas yang berat. Untuk itu pertahankan generasi ini sebaik-baiknya, sehingga dapat diteladani dan menjadi motivasi bagi generasi muda yang lain,” kata Bupati.

“Syukurilah kepercayaan dan kehormatan yang kalian terima ini sebagai paskibra, dan jadikan modal untuk meraih cita-cita,” imbuhnya.

Usai upacara pengukuhan, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama Bupati dengan anggota paskibra dan seluruh Forkopimda. (Sld)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment