Bupati Mimika Jadi Inspektur Upacara HUT RI ke 73

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng bertindak sebagai inspektur upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73. 

SAPA (TIMIKA) –  Bupati Mimika Eltinus Omaleng bertindak sebagai inspektur upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73 tanggal 17 Agustus 2018 yang dipusatkan di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, SP 3, Distrik Kuala Kencana.

Langkah tegap Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang meliputi pasukan 8, 17 dan 45 membuat suasana menjadi khidmat. Ayunan kaki dan sentakan sepatu paskibraka yang beranggotakan perwakilan siswa dan siswi dari berbagai SMA/SMK di Mimika ini menciptakan semangat 45 yang melukiskan perjuangan menuju kemerdekaan.

Paskibraka yang dikomandoi oleh Kanit Provos Batalion B Polda Papua,Ipda Djemi Reinhard ini membentuk formasi dengan masing-masing komando, dimana komando pasukan 45, Ipda Djemi Reinhard, Komando pasukan 8, Grend Reinhard yang merupakan Siswa SMA Advent Mimika serta komandan pasukan 17, Prayoga Chandra Wardani yang merupakan Siswa SMAN 1 Mimika.

Upacara detik-detik Proklamsi kemerdekaan RI ini kian menciptakan keheningan ketika Pembawa baki Bendera Duplikat yang merupakan Siswi dari SMK Petra, Jessica Beverly Awer diapiti oleh pembentang bendera, Irwan Kurniawan Batawari dari SMA Taruna serta penggerek bendera, Cliford Yumte dari SMAN 1 Mimika mulai menaikan bendera diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Paduan Suara gabungan Joy full choir dan Aleluya choir.

Upacara yang dihadiri oleh peserta perwakilan seluruh SD, SMP, SMA dan SMK, pegawai dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab,Perwakilan DPRD Mimika, Pegawakilan instansi swasta, tamu undangan dari Forkompinda, Tokoh Agama, Adat, Pemuda, Masyarakat serta beberapa tokoh penting lainnya serta  perwakilan PT Freeport Indonesia ini berlangsung selama kurang lebih dua jam dengan pembaca teks Proklamasi, Ketua DPRD Mimika, Elminus B.Mom.

Suasana khidmat juga terasa ketika upacara penurunan bendera pada pukul 17.00 WIT dengan Irup Wakil Bupati Mimika, Yohanes Bassang.

Upacara penurunan bendera dikomandoi oleh  komandan upacara, Kasat Sabhara Polres Mimika, Iptu Matheus Tanggu Ate, Komandan Paskibraka (Danpas) pasukan 45  Ipda M. Arifin dari Danton 1 ,Kompi 4 Batalyon  B Pelopor Sat Brimob Polda Papua. Sedangkan Komandan pasukan 17, Michael Valentino Tahapary dari SMAN I Mimika, Komandan Pasukan 8, Indra dari SMA Taruna Mimika. Pembawa baki bendera duplikat,  Dinda Rinawati dari SMAN 6 Mimika, Penggerek Bendera penggerek bendera, Bobby Watratan SMA YPK Hebenezer Mimika serta Pembentang bendera,Halil Sofyan Anggiluli dari SMAN I Mimika.

Berdasarkan pantauan Salam Papua, upacara pengibaran bendera pada siang harinya  ditutup dengan berbagai atraksi sebagai hiburan dalam memeriahkan puncak peringatan HUT RI di Mimika. Adapun atraksi-atraksi yang dilaksanakan antara lain, senam tongkat dan borgol yang dipersembahkan oleh anggota satuan polisi pamong praja (Satpo PP), seni PP dari Polisi Cilik (Pocil) Polres Mimika, senam tongkat dari kesatuan Bhayangkari Polsek Mimika Baru (Miru), Tarian Bali oleh Persatuan Wanita Bali di Mimika,Kuda Lumping dari Jawa, Atraksi Takewondo Koni Mimika, Atraksi Motor Amungsa  Street Boys, Akrobat kekebalan dari Laskar Mangoni Sulawesi Utara,  Drum Band SMPN 2, Drum Band Batalion 754 Kostrad, Drum Band Taruna Papua serta tarian seka missal yang yang melibatkan pemenang I, II dan II lomba seka tingkat pelajar yang telah digelar beberapa waktu lalu.

“ Saya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Mimika, karena telah berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI ke 73 tahun 2018. Ini sangat luar biasa, karena kemarin-kemarin juga saya tahu adanya rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat. Semoga kebersamaan ini akan selalu ada, baik di bulan Agustus ataupun seterusnya,” ungkap Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH., usai pelaksanaan pengibaran bendera.

Sedangkan Ketua DPRD Mimika, Elminus B.Mom mengaku, perayaan HUT RI tahun 2018 di Mimika sangat meriah. Hal ini diakuinya setelah melihat adanya  rangkaian-rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan.

Menurut Elminus, rangkaian kegiatan yang selama ini dilaksanakan  berjalan aman, tanpa adanya persoalan yang bisa menghambat.

Dengan demikian, ia mengaku bahwa untuk tahun-tahun selanjutnya DPRD bersama Pemkab Mimika melalui panitia akan membahas lebih serius sehingga perayaan HUT RI di Mimika bisa dilaksanakan dengan mengangkat kebudayaan lokal yang dikolaborasikan kebudayaan nasional.

“Kegiatan HUT Ri tahun ini sangat luar biasa dan itu berkat usaha dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat. Tapi kita akan berupaya supaya tahun-tahun selanjutnya bisa dilakukan dengan kemasan kegiatan yang bernuansa budaya, karena itu sekaligus mengangkat pariwisata kita di Mimika,” tuturnya. (Acik).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment