Disdukcapil Biak Gandeng Disdik Rekam E-KTP Siswa

Bagikan Bagikan
Disdukcapil Biak gandeng Disdik rekam E-KTP siswa.(Foto-Antara)

SAPA (BIAK) - Dinas Kepedudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengandeng Dinas Pendidikan (Disdik) untuk merekam data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi 3.165 siswa yang terdaftar sebagai pemilih pemula di berbagai sekolah SMA/SMK.

Pelaksana tugas Kepala Disdukcapil Biak, Akab Sanadi MAP di Biak, Selasa (28/8), mengatakan ia sudah menyurati Disdik untuk mendata siswa pemilih pemula Pemilu 2019 yang berusia 17 tahun.

"Disdukcapil siap melayani perekaman data pemilih pemula di berbagai sekolah, ya ini menjadi komitmen pemerintah untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan," ungkapnya.

Ia mengakui sesuai aturan pada Pemilu 2019 semua pemilih harus wajib memiliki e-KTP sehingga setiap warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun sudah harus memiliki identitas e-KTP.

Dia berharap, perekaman data kependudukan untuk siswa yang terdaftar sebagai pemilih pemula dapat berjalan lancar sehingga saat Pemilu 2019 ribuan pemilih pemula sudah memiliki e-KTP.

Disinggung alat perekaman data kepedudukan di 10 distrik, menurut Akab Sanadi dari hasil monitoring sebagian besar mengalami kerusakan sehingga tidak lagi dapat melayani perekaman data kependudukan warga distrik bersangkutan.

"Sampai Agustus 2018 proses perekaman data penduduk elektronik terpusat di kantor Disdikcapil Jalan Majapahit distrik Samofa," ungkap alumni magister administrasi publik Unitri Malang 2012.

Berdasarkan data hingga Agustus 2018 persediaan stok blanko dokumen e-KTP di Kabupaten Biak Numfor mencapai 3.500 lembar. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment