Jelang Idul Adha, Disnak Periksa Ratusan Hewan Qurban

Bagikan Bagikan
Ilustrasi-Pembagian hewan qurban. (Foto doc Sapa).

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Mimika, Yosefina Sampelino, mengatakan bahwa menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriah atau yang dikenal dengan hari raya qurban seminggu kedepan, pihaknya telah mulai melakukan pemeriksaan darah terhadap ratusan ekor sapi yang akan dijadikan qurban oleh masyarakat muslim di Mimika.

Yosefin mengaku, pemeriksaan ini dilakukan di dua tempat, yakni di SP 1 dan SP 7.  Dan pemeriksaan darah hewan qurban ini dilakukan untuk menghindari adanya penyakit tertentu yang berbahaya bagi masyarakat yang mengkonsumsi daging.

“Hari ini (Kemarin-Red) sudah mulai melakukan pemeriksaan darah sapi qurban. Saya belum tahu pasti berapa jumlahnya, tapi diperkirakan seratusan ekor. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan daging saat Idul Adha,” ujar Yosefin saat ditemui di Graha Eme Neme Yauware, Selasa (14/8).

Selain memeriksa darah hewan qurban, juga dilakukan pemeriksaan fisik luar hewan yang disebut antemortem, dan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan bagian dalam atau yang disebut postmortem.

Ia juga mengaku, pasokan hewan sapi ke Mimika berdasarkan rekomendasi dari provinsi, dalam hal ini provinsi telah merekomendasikan untuk hewan sapi dipasok dari Seram, Maluku Tengah. Menurutnya, pasokan hewan sapi qurban harus dilengkapi dengan surat karantina lengkap dan dinyatakan lolos dari pemeriksaan kesehatan hewan.

“Dulu didatangkan dari Sumba, NTT. Tapi setelah provinsi teliti ulang, maka yang diizinkan hanya pasokan dari Seram saja, karena yang dari Sumba, NTT itu ternyata terlalu kecil, kurus dan kurang sehat,” ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment