Jelang Pembahasan APBD-P, Pemkab Diminta Cantumkan Silpa

Bagikan Bagikan
Anggota DPRD Mimika, Viktor Kabey.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) - Jelang pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2018, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika mengimbau agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mencantumkan sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa). Jika jumlah silpa besar maka, akan diserap pada APBD-P.

“Jika itu ada, berapa silpa yang harus dipakai dalam APBD-P. Karena pemerintah sudah menulis surat terkait pembahasan APBD-P. Dalam aturan mengatakan, setiap transferan, setiap pergerakan silpa, DPRD harus tahu. Pemerintah tidak boleh diam menutupi itu,” ujar Anggota DPRD Mimika, Viktor Kabey saat ditemui Salam Papua di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Rabu (29/8).

Menurut Viktor, itu dapat digunakan untuk peningkatan kapasitas pengelolaan pendidikan, peningkatan kapasitas pengelolaan kesehatan, peningkatan daya saing perekonomian daerah, percepatan penanggulangan kemiskinan, peningkatan pelayanan publik dan peningkatan infrastruktur sanitasi kota untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

“Tidak ada pembangunan yang signifikan, perekonomian tidak merata, dan hal lainnya. Itu semua karena pengakuan adanya defisit anggaran,” ujarnya.

Untuk itu, pada pengelolaan APBD-P, hutang yang ada di pengelolaan APBD 2019 harus lunas. Sehingga, kepada Badan Pengawas Keuangan (BPK), dalam menjalankan tugasnya harus mengecek hal itu dengan baik.

“Semoga ada sisa anggaran.  Komisi-komisi juga akan mengecek dilapangan, jadi jangan main-main. Selain itu, juga masih ada LKPJ akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati Mimika,” ujar Viktor. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment