Kasda Mimika Kembali Terisi Rp 280 Miliar

Bagikan Bagikan
Kepala BPKAD Mimika, Marten Papi Malisa.

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Papi  Malisa mengatakan, saat ini Kas Daerah (Kasda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika kembali terisi setelah adanya masukan dari dana bagi hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap satu, dana Otonomi Khusus (Otsus) tahap satu  serta Dana Desa dengan total Rp 280 miliar lebih.

“Saya tidak menghafal pasti totalnya berapa. Yang jelas itu dari DBH, Otsus, DAK dan DAU,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika di SP 3, Senin (6/8).

Ia mengatakan dengan adanya pemasukan tersebut, pemkab akan terus memproses pembayaran berbagai kewajiban yang sebelumnya sempat tertunda.

Namun menurut dia, khusus untuk pembayaran utang akan dilakukan secra pertahap. Sebab jika, difokuskan untuk melunasi utang, maka akan berpengaruh pada berjalannya DAK. Bila DAK tahap satu tidak ada penerapannya, maka tidak disalurkan DAK tahap berikutnya, karena aturan penyaluran DAK tahap ke dua, harus adanya pencapaian penyerapan tahap satu sebesar 90 persen.

“Khusus utang ini tidak  mungkin kita bayar sekaligus. Kalau kita fokus untuk melunasi utang, maka akan berpengaruh pada berjalannya DAK, karena ketentuannya capaian serapan DAK tahap satu harus capai 90 persen, baru tahap dua disalurkan lagi,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment