Laporan PPD dan PPS Pilkada 2018 Tidak Bisa Diproses Lebih Lanjut

Bagikan Bagikan
Komisioner Bawaslu Mimika, Imanuel Waromi.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Imanuel Waromi mengatakan, pihaknya tidak bisa  memproses lebih lanjut laporan dari Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2018.

“Sudah dilakukan klarifikasi dan kajian terhadap laporan PPD dan PPS tentang keabsahan Pleno Evaluasi Kinerja PPD dan PPS Pilkada. Hasilnya adalah, pelaksanaan pleno tersebut adalah sah,” ujarnya ketika ditemui Salam Papua di Sekretariat Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Mimika, Jalan Yos Sudarso, Selasa (28/8).

Menurut Imanuel, hal itu dibuktikan dengan adanya Berita Acara hasil pleno evaluasi kinerja PPD dan PPS Pilkada 2018 yang ditandatangani empat komisioner KPU Mimika, diantaranya Yoe Luis Rumaikewi, Theodora Ocepina Magal, Alfred Petupetu dan Derek Motte.

“Pleno itu dinyatakan sesuai prosedur, dimana berita acara ditandatangi empat komisioner sehingga memenuhi kuorum. Jadi penanganannya sampai tahap ini saja,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Mimika, Yoe Luis Rumaikewi saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, pelaksanaan Pleno Evaluasi Kinerja, tidak diwajibkan dihadiri PPD dan PPS. Sehingga pihaknya melakukan secara internal.

“Pleno itu dilakukan di lingkup intern kami. Sehingga dari hasil evaluasi itu, PPD dan PPS yang dinyatakan masih layak, namanya dimasukkan dalam daftar PPD dan PPS untuk Pemilihan legislative (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment