Letkol Windarto Pamit, Letkol Pio Nainggolan Janji Akan Lebih Baik

Bagikan Bagikan
Letkol Inf Windarto dan istri saat foto bersama Dandim 1710Mimika yang baru, Letkol Inf Pio L. Nainggolan dan istri.

SAPA (TIMIKA) - Letkol Inf Windarto, S.Sos., MM secara resmi pamit dari tugasnya di wilayah teritorial Kodim 1710/Mimika dan di pindah tugaskan ke Markas Besar (Mabes) TNI, Jakarta Pusat. Letkol Windarto yang bertugas dan memegang jabatan sebagai Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika kurang lebih dua tahun, kini digantikan oleh Letkol Inf Pio L. Nainggolan, SE., M.Tr (Han).

Dalam sambutannya di acara malam acara lepas sambut yang digelar di Graha Eme Neme Yauware, Minggu (12/8) malam, Windarto mengaku bahwa selama bertugas di Mimika banyak menemukan berbagai dinamika yang terjadi. Menurutnya, Mimika merupakan salah satu ikon karena sudah dikenal di seluruh Indonesia.

"Sebelumnya saya tidak mempunyai gambaran dan tidak percaya akan ditugaskan di Mimika. Saya banyak dengar cerita bahwa kalau bertugas di Mimika itu harus siap melek (Begadang). Ternyata itu benar adanya, karena banyak kejadian dilapangan, seperti adanya program kegiatan pelayanan jalur teritorial, kegiatan kontemporer serta kegiatan-kegiatan lain bersama masyarakat," tutur Windarto.

Namun, dalam melewati berbagai dinamika itu, Windarto dan kesatuannya selalu bersinergi bersama Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sinergi itu bukan hanya bersama Polri, melainkan juga Pemkab Mimika, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh komponen sehingga bisa menyelesaikan setiap masalah secara bersama-sama.

"Terkadang jam 12 atau jam 2 malam Kapolres telepon karena ada kejadian di kilo 11 dan tempat lainnya. Kapolres mengajak ayo kita merapat, dan kami pun merapat. Begitu juga peran serta atau kerja sama dengan pemkab, tokoh masyarakat, agama dan tokoh lainnya sangat bagus," ujarnya.

Karena itu, Windarto berharap agar kedepan Mimika harus bisa menjadi lebih baik, hal-hal negatif harus ditinggalkan serta semua budaya yang kurang pas, dengan memulai dan berpedoman pada hukum yang berlaku. Sehingga, kedepan, di Mimika bisa tertata kehidupan yang lebih baik.

"Pada intinya TNI dan Polri siap untuk mendukung pembangunan yang dilakukan Pemkab Mimika dan menjaga keamanan masyarakat di Mimika. Karena dalam setiap momen, Bapak Sekda Ausilius You selalu menekankan agar kita semua mengedepankan motto Eme Neme Yauware," katanya.

Lanjut Windarto, setiap dinamika tugas pelayanan yang dilaluinya di Mimika akan dijadikan pengalaman berharga untuk menjalankan tugas di tempat baru. Sebab, ia meyakini bahwa di setiap tempat tugasnya pun akan menemukan berbagai permasalahan yang berbeda-beda.

"Saya yakin di Mimika, Nabire dan Jawa mempunyai masing-masing permasalahan yang berbeda-beda. Pengalaman yang saya rasakan selama ini menjadi pengalaman berharga untuk tugas saya selanjutnya," katanya.

Sedangkan Dandim yang baru, Letkol Inf Pio L. Nainggolan, S.E., M.Tr (Han) dalam sambutannya mengaku, bahwa, merupakan kewajiban moralnya untuk melanjutkan tugas yang telah dilakukan oleh Letkol Windarto dan berjanji akan menjadikan Mimika jauh lebih baik dari yang sebelumnya.

"Saya ini merupakan adik seperguruan dari Letkol Windarto. Saat ini merupakan kewajiban saya untuk menjadikan Mimika jauh lebih baik ke depannya," ungkap pria kelahiran Kota Medan pada 16 November tahun 1978 silam ini.

Ayah dari dua anak dan merupakan alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 2000 ini mengaku, usai menyelesaikan pendidikan ia ditugaskan untuk pertama kalinya di Pangkalan Infantri 512 Malang selama 3 tahun. Selanjutnya, ditugaskan di Bandung selama 5 tahun dan selanjutnya diutus ke Kodam/XVII Cenderawasih Jayapura selama 1 setengah tahun hingga akhirnya mendapatkan amanah untuk bertugas dan menjadi Dandim 1710/Mimika.

"Pada saat atasan kami menanyakan siapa yang mau ditugaskan di Papua, saya merupakan salah satu yang langsung mengangkat tangan dari empat rekan saya yang lainnya. Jadi, saya siap bersinergi bersama Pemkab Mimika, Polri dan seluruh stakeholder di Mimika," ungkap Letkol Pio.

Dalam acara lepas sambut ini turut dihadiri Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto dan Sekda Mimika, Ausilius You. Sekda dalam sambutannya menuturkan bahwa selama bertugas di Mimika Letkol Windarto merupakan sosok yang pendiam. Namun dibalik watak pendiam itu selalu mengedepankan sikap patriotisme. Dalam hal ini cepat dekat dan mengenal semua orang serta sigap dalam penanganan semua masalah di Mimika, sehingga betul-betul menjadikan Mimika aman dan terkendali.

"Karena itu, mewakili seluruh masyarakat dan Pemkab Mimika, kami mengucapkan terima kasih atas segala sumbangsinya dalam membangun Mimika. Keberhasilan dalam pembangunan dan kelancaran pelaksanaan tugas adalah berkat kerja sama TNI dengan seluruh stakeholder di Mimika. Banyak hal yang telah beliau lakukan, dan selama kepemimpinannya telah banyak hal baik yang dirasakan oleh masyarakat. Saya pribadi menilai Beliau ini merupakan sosok yang baik, karena itu teruslah tingkatkan itikad baik itu dalam menjalankan tugas di tempat baru dimanapun ditugaskan. Kami juga mohon maaf jika selama ini banyak hal yang kurang berkenan," tutur Sekda Ausilius.

Selanjutnya, Sekda mengucapkan selamat datang dan selamat menjalankan tugas Dandim 1710/Mimika kepada Letkol Pio L. Nainggolan. Selanjutnya suasana damai yang telah terjadi akan terus ditingkatkan untuk membangun Mimika.

"Saya ucapkan selamat datang dan selamat menjalankan tugas di Mimika kepada Letkol Pio Nainggolan. Horas..., semoga kedamaian yang selama ini ada dapat lebih ditingkatkan untuk kenyamanan kita di tanah Mimika yang kita cintai ini," ucap Sekda. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment