Masyarakat Boleh Menilai Caleg yang Sudah Ditetapkan Sementara KPU

Bagikan Bagikan

Ketua KPU Mimika, Yoel Luis Rumaikewi.(foto-Salma).
SAPA (TIMIKA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Yoel Luis Rumaikewi, mengatakan bahwa masyarakat diberi kesempatan untuk menilai calon legislatif (Caleg) pada Pemilu 2019 yang sudah ditetapkan sementara. Apabila terdapat caleg yang bermasalah maka hal itu dapat dilaporkan ke KPU.

“Kami minta maaf karena terlambat menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) Pileg 2019. Sehingga pengumumannya kita ambil di waktu sisa, yakni selama tiga hari kedepan. Untuk itu, masyarakat bisa memberi masukan berkaitan dengan caleg yang sudah diusulkan partai politik (Parpol),” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor KPU Mimika, Kamis (16/8) malam.

Ia mengatakan, DCS yang diumumkan ke masyarakat berisi data lengkap yang meliputi nama serta gelar, lambang parpol, daerah pemilihan, foto caleg dan alamat lengkap.

“Masyarakat yang ingin memberikan masukkan, harus menyertakan data diri lengkap berikut foto kopi KTP sebagai bentuk pertanggungjawaban aduan tersebut. Jika tidak, maka laporan dari masyarakat itu tidak akan diproses KPU,” ujar Luis.

“Kalau ada masukan maka parpol harus menindaklanjuti itu, apakah salah satu calon itu ada putusan pengadilan yang terpidana maka harus diganti. Apabila ada pergantian maka itu akan mempengaruhi keterwakilan 30 persen perempuan,” imbuhnya. (Salma) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment