Meriahkan HUT RI, Pegawai Pemkab Sumbangkan 40 Kantong Darah

Bagikan Bagikan

Anggota  Dinas Satuan Polisi Pamong Praja melakukan donor darah sebagai bukti bentuk kepedulian terhadap sesama dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73.
SAPA (TIMIKA) – Panitia  Penyelenggaraan HUT RI ke 73 Kabupaten Mimika melalui Seksi Kesehatan berhasil mengumpulkan 40 kantong darah dari pendonor yang merupakan pegawai Pemkab Mimika. Selain dalam rangka memeriahkan HUT RI, donor darah ini juga dilakukan sebagai bukti kepedulian bagi sesama yang membutukan.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika, dr. Evelin Pasaribu mengatakan, 40 kantong darah yang terkumpul, murni diperoleh saat kegiatan donor darah lingkup Pemkab. Sedangkan beberapa hari sebelumnya, menurut dia juga telah terkumpul 40 kantong darah lainnya dalam kegiatan donor darah yang digelar oleh komunitas atau forum umat Muslim di Mimika.

“Puji Tuhan hari ini (Kemarin-Red) kita kumpulkan puluhan kantong darah yang disumbangkan oleh pegawai kita di Pemkab. Beberapa hari lalu itu ada 40 kantong juga yang dikumpulkan dalam kegiatan yang sama, tapi itu dari forum saudara kita yang Muslim,” kata Evelin di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Jumat (10/8).

Menurut dia, terkumpulnya puluhan kantong darah tersebut, menambah stok darah di RSUD Mimika.

Ia mengaku, stok darah  untuk transfuse di RSUD selama ini selalu dalam kondisi aman. Hal ini dikarenakan RSUD Mimika merupakan pusat rujukan regional dari beberapa kabupaten tetangga seperti Asmat dan beberapa kabupaten lainnya.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada pasien yang mengalami kritis dan tidak mendapatkan donor darah. Ini terjadi karena ada donor darah dari masyarakat luas dan semua pegawai RSUD juga menyumbangkan darahnya bagi pasien jika dibutuhkan.

“Stok darah di RSUD selalu aman, sehingga tidak ada cerita pasien kritis karena ketiadaan darah. Kami semua di RSUD juga ikut mendonorkan darah, baik perawat, bidan, dokter dan petugas lainnya sesuai golongan darah yang dibutuhkan pasien. Kalau ada yang butuhkan golongan darah O, maka perawat atau petugas yang memang golongan darah O langsung menyumbangkan darahnya. Begitu juga dengan saya sendiri,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment