Mulai September, Pemkab Fokus Lakukan Sensus Aset

Bagikan Bagikan
Kabag Aset pada BPKAD Mimika, Marten Salossa.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Mulai tanggal 3 September 2018 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Bagian Aset pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), akan fokus melakukan sensus yang disertai dengan pelabelan semua aset yang dimiliki pemkab.

Menurut Marten Salossa selaku Kepala Bagian (Kabag) Aset pada BPKAD Mimika, banyak aset berupa tanah dan bangunan serta peralatan lainnya milik pemkab yang hingga kini belum terdata dan diberikan label.

“Mulai bulan September itu kita fokus untuk sensus semua peralatan atau barang. Kalau seandainya ada tanah milik pemkab yang selama ini belum di kasih label maka akan kita label. Begitu juga dengan gedung-gedung,” kata Marten usai kegiatan technical meeting terkait petunjuk teknis pelaksanaan sensus dan labelisasi barang milik daerah, Kamis (30/8), di Graha Eme Neme Yauware.

Khusus untuk aset kendaraan dinas yang telah berusia lima tahun, dalam klausal regulasi tidak dikatakan harus di hapus. Akan tetapi dapat di hapus dengan mempertimbangkan beberapa hal, baik dari sisi ekonomis, fisik, biaya servis, serta sudah adanya kendaraan pengganti yang tertuang dalam dokumen anggaran.

Nantinya jika dalam pelaksanaan sensus ditemukan ada kendaraan dinas yang masih berusia di bawah dua tahun, tetapi kendaraan telah dibawa oleh pejabat mutasi, maka itu akan tetap di data. Sebab perpindahan barang, khusus kendaraan, juga dikarenakan perpindahan atau mutasi pejabat pengguna yang dilengkapi dengan berita acara mutasi.

“Saat mutasi jabatan dan kendaraanya ikut dibawa, itu bisa saja. Tapi harus ada berita acaranya. Makanya dalam sensus kita nanti kalau misalnya ditemukan hal seperti itu, akan langsung kita proses supaya ada kejelasan kendaraannya itu,” jelas Marten. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment