PAN Ajukan PAW Anggota DPRD

Bagikan Bagikan
Ketua DPC PAN Mimika, Philipus Wakerkwa.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Mimika mengajukan surat Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten Mimika terhadap salah satu anggotanya, yakni Philipus Wakerkwa, yang juga selaku Ketua DPC PAN Mimika. Yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai angota DPRD lantaran mencalonkan diri sebagai calon Bupati Mimika pada Pilkada 27 Juni 2018.

“Surat tersebut sudah disampaikan ke DPRD beberapa hari lalu. Dan untuk PAN, memang terlambat mengajukan nama PAW, karena sebelumnya DPRD sudah mengangkat dua anggota PAW juga dari Partai Demokrat,” ujar Philipus Wakerkwa saat ditemui Salam Papua di Sekretariat Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Mimika, Jalan Yos Sudarso, Senin (27/8).

Philipus menjelaskan, nama untuk PAW yang diajukan, yakni calon legislatif (Caleg) periode 2014-2019 dari PAN, Fransiska Ohoiwirin, yang juga dari daerah pemilihan (Dapil) 2 dan memiliki suara perempuan terbanyak. Hal itu menurut Philipus sudah sesuai dalam AD-ART PAN yang menyebutkan, apabila dalam satu dapil yang telah mengundurkan diri dari anggota DPRD, maka, dicarikan suara terbanyak dari dapil yang sama. Namun apabila tidak ada yang bersedia maka bisa diambil dari dapil yang lain.

“Sementara saya dari dapil 3. Tapi karena tidak adanya caleg dari dapil yang bersedia, maka kami mencari di dapil lain. Sehingga kita baru ajukan nama PAW dari PAN dan tidak bersamaan dengan Partai Demokrat yang sudah diangkat,” ujarnya.

Kendati demikian, Philipus berharap agar nama yang diajukan untuk menggantikan dirinya dapat segera di akomodir oleh DPRD Mimika.

“Ini sesuai dengan AD-ART PAN. Meski kita terlambat mengajukan, kita berharap bulan depan (September-Red), ibu Fransiska bisa di akomodir DPRD sehingga masuk dalam alat kelengkapan dewan,” harapnya.

Sebelumnya, DPRD Mimika melakukan PAW terhadap dua anggotanya dari Partai Demokrat, yakni Yoel Yolemal dan Peben Jikwa. Yoel Yolemal menggantikan Elizabet Tenawe dari dapil 3, yang mana Elizabet telah meninggal dunia beberapa bulan lalu. Sementara Peben Jikwa menggantikan Robertus Waraopea dari dapil 5. Di mana, Robertus Waraopea mengundurkan diri karena mencalonkan dirinya sebagai calon Bupati Mimika 2018 yang berpasangan dengan Alberth Bolang. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment