Penanaman Bibit Buah Manfaatkan Tanah Miring

Bagikan Bagikan
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat menyerahkan bibit buah.(Foto-Antara)

SAPA (AROSUKA, SUMBAR) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap pembibitan tanaman buah, pangan dan perkebunan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dapat memanfaatkan tanah miring atau lahan yang belum terpakai di daerah itu.

"Sumatera Barat merupakan daerah agraris yang tanahnya sangat subur, tetapi sejauh ini masyarakat kita baru memanfaatkan lahan tanah yang datar untuk ditanami. Dengan adanya bantuan benih dari Balitbangtan ini bisa memenuhi kebutuhan untuk menanami lahan yang miring atau lahan yang belum dimanfaatkan," katanya di Arosuka, Kabupaten Solok, Sumbar, Rabu (29/8).

Irwan Prayitno menyampaikan itu saat acara peluncuran benih dan pencanangan Nagari Inovasi di Balitbu Tropika. Dalam kesempatan itu dibagikan bibit buah alpukat sebanyak 500 hingga 1000 bibit.

Gubernur mengatakan setelah pembagian bibit ini harus terus dikawal agar petani penerimanya bisa merasakan manfaat ekonomi dari benih tanaman yang dibagikan.

Tak hanya itu, ia juga menekankan masyarakat harus terus berinovasi dan berbisnis agar usaha pertanian bisa efektif, efisien dan bermanfaat.

"Kami berharap Balitbangtan terus berinovasi dalam memajukan pertanian, jika tidak maka petani akan terlindas dan ketinggalan," katanya.

BPTP, imbuhnya, juga terus mengembangkan hasil penelitian dengan sumber daya lokal sehingga bisa dikembangkan di Sumbar.

Kegiatan perbenihan dari Balitbangtan pada 2018 untuk tanaman buah, pangan dan perkebunan diantaranya Benih durian, manggis, kopi, jengkol, jeruk, kentang, salak dan pisang.

Gubernur juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan yang telah menyerahkan bantuan bibit tersebut.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan yang diwakili oleh Kapuslitbanghorti Hardianto, menyampaikan bahwa instansinya secara masif memproduksi benih untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat melalui BPTP dan Balitbu.
"Setelah benih kami bagikan, diharapkan dinas dan petugas terus mendampingi dan mengawal petani sehingga benih itu benar-benar ditanam dan dirawat dengan baik," ujarnya.
Ia berharap Kegiatan Padu-Padan Balitbangtan dengan pemprov dan pemda dalam peluncuran benih dan Pencanangan Nagari Inovasi ini bisa diikuti oleh provinsi lain di Indonesia, sehingga antara pusat dan daerah bisa bekerjasama dan bersinergi dalam membangun pertanian di daerah.

Sekda Kabupaten Solok, Aswirman juga menyampaikan apresiasinya ke Kementan dan Pemerintah provinsi atas penyerahan benih kepada petani yang akan sangat membantu.

Pada kesempatan itu juga diadakan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba buah alpukat dan penyuluh pemenang lomba LTT dengan Sistem Jarwo yaitu Eri Dalifto penyuluh Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, dan lainnya. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment