Penutupan Hari Misi GKII

Bagikan Bagikan
Pelantikan Enam Evangelis menjadi Pendeta.(Foto-Maria W)
Enam Evangelis Dilantik Menjadi Pendeta

SAPA (TIMIKA) – Penutupan hari Misi Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) se-Indonesia, Wilayah Iwaka mensyukuri dengan pelantikan enam Evangelis menjadi Pendeta. Pelantikan enam Pendeta berlangsung di GKII Jemaat Kasih Tuhan SP 3, pada Sabtu (24/8).

Enam Evangelis dilantik oleh Penasehat Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Wilayah II Pegunungan Tengah Papua, Pdt. John Gobai.

Pdt. John Gobai kepada Salam Papua, Sabtu (24/8) menjelaskan bahwa karena telah memenuhi syarat untuk dilantik menjadi pendeta, maka berdasarkan usulan dari Jemaat yang sedang mereka layani dan diterima oleh Daerah, selanjutnya berdasarkan usulan itu, daerah membawa mereka kepada Raker untuk dilantik menjadi pendeta.

Adapun lima tugas yang ditangani Evangelis setelah dilanti yaitu, pertama mengadakan perjamuan kudus. Kedua anggota Jemaat yang bertobat maka tugas mereka membaptisnya. Setelah dibaptis menjadi jemaat resmi, mereka disertakan dalam makan minum perjamuan kudus. Ketiga, mengadakan pernikahan. Tugas pendeta membimbing menjadi keluarga yang siap untuk diberkati. Setelah siap disatukan dalam pernikahan. Ke empat, persembahkan anak.

Apabila dalam keluarga ada yang lahir, maka anak yang lahir dipersembahkan dalam Gereja agar sejak kecil anak tumbuh dalam bimbingan roh Kudus. Kelima, memimpin atau menghibur orang kedukaan, selanjutnya memimpin ibadah pemakaman.

Enam Evangelis sebelum dilantik menjadi pendeta, mereka ini sudah mengikuti pendidikan. Dimana evangelis harus bisa lulus dari sekolah Teologi manapun. Setelah lulus dari sekolah Teologi, merka masih harus melayani selama lima tahun di Jemaat. Nantinya Jemaat yang usulkan ke Daerah untuk dilantik menjadi pendeta.

 “Harapan kami, mereka ini mengambil tempat untuk melaksanakan lima tugas Gereja yang harus dilakukan. Itulah tanggung jawan seorang Pendeta,” katanya.

Setelah usulan dari Jemaat diterima, evangelis akan diterima badan pengurus daerah dan diseleksi, diserahkan ke panitia untuk menguji. Kalau hasil ujian baik dan dinyatakan lulus maka mereka siap untuk dilantik menjadi Pendeta. (Maria Welerubun)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment