Perpendek Jarak Tempuh, Dishub Mengeruk Sungai Ke Atuka

Bagikan Bagikan
Plt Kepala Dishub Kab.Mimika, Yan Selamat Purba.

SAPA (TIMIKA) - Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba mengatakan, untuk memperpendek jarak tempuh dan mengatur pasang- surut air, maka Dishub telah mengeruk sungai penghubung  Poumako dan Atuka, Distrik Mimika Tengah. Pengerukan sungai ini untuk perlintasan Kapal kecil atau kuota kurang dari 7 GT.

"Untuk memperlancar perjalanan, baik pagi, siang dan malam kita harus mengeruk. Sekarang yang sudah dikeruk telah capai kurang lebih 100 meter. Dalam pengerukan ini, ada sungai dan da daratan dikasih lurus. Misalnya kalau sebelumnya ke Kokonao menempuh sampai dua setengah jam, maka dengan adanya pengerukan,  kita bisa tempuh  kurang dari dua setengah jam," kata Yan saat ditemui di Pandopo Rumah Negara, SP3, Jumat (3/8).

Ia mengatakan, berdasarkan perencanaan induk, pengerukan sungai  seharusnya dilakukan hingga ke Kapiraya. Namun, karena harus disesuaikan dengan anggaran, maka pekerjaan akan dilakukan secara pertahap.

Selanjutnya ia menjelaskan, tahun ini Dishub tidak melakukan pembangunan pengembangan pelabuhan di pedalaman. Namun, khusus di Kapiraya akan dibangun langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

"Tahun ini kita tidak ada pembangunan pelabuhan di pedalaman. Memang ada yang akan dibangun di Kapiraya, tapi itu langsung dari Kemenhub. Sekarang tim dari Kemenhub sudah melakukan survei untuk membuat master plannya,"jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment