Pertamini Menjamur di Mimika Pemkab Harus Buatkan Perda

Bagikan Bagikan
Pertamini.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Pertamini saat ini telah menjamur di Kabupaten Mimika. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus membuatkan satu Peraturan Daerah (Perda) khusus mengatur peredaran Pertamini. Tujuannya agar bisa mengatur dan mengantisipasi permainan harga dan takaran oleh setiap pemilik pertamini. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Inosensius Yoga Pribadi.

Menurutnya, secara nasional peredaran pertamini belum memiliki peraturan yang mengatur, sehingga Disperindag tidak bisa melakukan pengawasan.

“Minggu lalu kami ada pelatihan di Bandung terkait kemetrologian atau tera. Mereka di sana mengaku sampai sekarang memang belum ada aturan yang mengatur persoalan pertamini. Karena itu saat ini orang bebas pakai dan menjamur di Mimika. kecuali kalau Kabupaten memiliki Perda tersendiri tentang peredaran pertamini, sehingga Disperindag bisa melakukan pengawasan dan tera ulang takaran dan ketentuan harga,”kata Yoga saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Jalan Yos Sudarso, Rabu (29/8).

Menurut dia, Disperindag bisa melakukan tera ulang setiap pertamini di Mimika jika memiliki surat izin tipe yang dikeluarkan oleh Kementerian.

Ia mengaku, dari pusat merekomendasikan dua pabrik pertamini yang bisa beroperasi. Akan tetapi belum ada kepastian peredaran di seluruh Indonesia  termasuk Mimika untuk mengetahui pertamini dari pabrik yang direkomendasikan ataupun bukan.

“Pertamini sekarang sudah menjamur, tapi kita belum bisa tera gelas ukurnya. Begitu juga dengan penentuan harga yang harus dikenakan. Kecualai kalau nanti kita memiliki perda sendiri. Ini persoalan bukan hanya di Mimika saja, tapi juga terjadi di seluruh Indonesia,” tuturnya. (Acik).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment