Peserta SMN Aceh Temui Wali Kota Jayapura

Bagikan Bagikan
SMN Acaeh temui Walkot Jayapura-foto antara.

SAPA (JAYAPURA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Aceh yang tengah berada di Papua, menyempatkan diri menemui Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano, di ruang rapatnya, Rabu (15/8) siang.

Pada kesempatan tersebut Tommy Mano menyampaikan informasi mengenai Kota Jayapura, mulai dari jumlah distrik (kecamatan) hingga kehomogonenan masyarakat yang ada di ibu kota Provinsi Papua itu.

Kota Jayapura merupakan satu-satunya kota yang secara adiminstrasi masih memiliki pemerintahan kampung (desa) di dalamnya, dimana terdapat 14 kampung yang merupakan perwakilan dari masyarakat adat.

"Saya ingin nilai-nilai kearifan lokal dan budaya yang ada di dalamnya tidak hilang, maka saya pertahankan kampung di dalam kota," katanya.

Tommy Mano juga meminta kepada peserta SMN Aceh untuk menginformasikan kepada dunia luar mengenai keadaan Papua, khususnya Kota Jayapura, yang sesungguhnya.

Menurut dia, selama ini pemberitaan media nasional tertentu mengenai Papua cenderung hanya tentang hal yang kurang baik saja, padahal di sisi lain pembangunan terus berlangsung dengan baik.

Melihat antusiasme para siswa Aceh yang cukup tinggi, ia pun meminta mereka untuk bisa menampilkan tarian khas Aceh pada acara penutupan pameran pembangunan, di GOR Waringin, pada Rabu (15/8) malam.

Sebagai informasi, 26 pelajar dari Aceh telah berada di Jayapura, Papua, sejak 11 Agustus 2018.

Sejauh ini mereka telah mengikuti berbagai kegiatan seperti, bedah buku "Cerita Nusantara Kami", penyambutan, mengunjungi Danau Love, menginap di Rindam XVII Cenderawasih, berbelanja di pasar Mama-Mama Papua.

Mereka dikoordinir oleh PT Pertamina (persero) dan Perum Damri, selaku BUMN Person In Charge (PIC) dan Co PIC atau pihak yang bertanggungjawab atas pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018 di Provinsi Papua.

Peserta SMN asal Aceh itu juga telah melakukan aksi bersih-bersih pantai Dok II, berkunjung ke Kampung Asei dan Rumah kreatif BUMN milik BNI.

Diagendakan, puncak acara pada 17 Agustus 2018, peserta SMN Aceh akan dilepas oleh Direktur Utama Pertamina di Jayapura. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment