Rp7 Juta, Harga Tertinggi Sewa Graha Eme Neme Yauware

Bagikan Bagikan
Graha Eme Neme Yauware.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Bagian (Kabag) Aset pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Salossa, mengaku bahwa biaya sewa tertinggi untuk melaksanakan kegiatan atau acara di Graha Graha Eme Neme Yauware terendah senilai Rp1,5 juta dan tertinggi Rp7 juta. Tinggi dan rendahnya biaya sewa diklasifikasikan sesuai dengan jenis kegiatan atau acara yang diadakan.

Jika digunakan untuk kegiatan kerohanian, biaya sewa akan diberikan rendah, sebaliknya untuk kegiatan besar atau misalnya acara pernikahan biaya sewa tertinggi Rp7 juta. Menurut Marten, biaya sewa gedung yang merupakan icon Pemkab Mimika ini selanjutnya akan diserahkan langsung ke kas daerah  (Kasda) dan terdata sebagai pemasukan asli daerah (PAD) yang bersumber dari masyarakat untuk pembangunan di Mimika. Namun, hingga kini Marten belum mengetahui secara jelas berapa jumlah total penerimaan yang bersumber dari penyewaan gedung itu.

“Pokoknya bervariasi, karena ini merupakan aset dan sebagai sumber pemasukan juga ke kasda,” ujarnya saat ditemui usai melaksanakan technical meeting terkait petunjuk teknis pelaksanaan sensus dan labelisasi barang milik daerah di Graha Eme Neme Yauware, Kamis (30/8).

Selama ini, kata Marten, pemkab juga rutin menganggarkan khusus untuk biaya perawatan Graha Eme Neme Yauware. Dana yang dianggarakan itu digunakan untuk perawatan rutin, biasanya dilakukan perbaikan kamar mandi maupun toilet, pengecatan, perbaikan pendingin ruangan (AC), perbaikan atap serta kebersihan dalam dan luar gedung.

“Perawatan selalu kita lakukan setiap tahunnya, karena kita sendiri tahu, perilaku pengguna gedung sangat tidak bisa dipahami. Kita tahu kalau tembok putih di semprot dengan ludah pinang, itu jadinya seperti apa. Begitu juga kalau fasilitas kamar mandi dan WC. Jadi kita selalu lakukan perawatan rutin dan biayanya bervariasi sesuai dengan volume perbaikan,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment