Sekda Sebut Kabupaten Mimika Adalah Miniatur Indonesia

Bagikan Bagikan
Sekda Kabupaten Mimika, Ausilius You.

SAPA (TIMIKA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You mengatakan, Kabupaten Mimika adalah miniatur Indonesia.

Hal itu disampaikan saat melihat kemeriahan Karnaval Budaya Nusantara menyambut HUT ke-73 Republik Indonesia,  yang diikuti belasan ribu warga dari seluruh etnis Nusantara dari Sabang sampai Merauke  yang ada di Mimika.

“Karena itu masyarakat Mimika harus menyadari bahwa kebhinekaan itu ada di kabupaten ini. Lewat karnaval ini kita semua bisa lihat hal-hal yang mencerminkan itu,” ujarnya saat ditemui Salam Papua disela-sela pelaksanaan Karnaval di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (11/8).

Dengan keberagaman tersebut, jelas Ausilius, seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Mimika diminta untuk menanamkan sikap nasionalisme.

“Nuansa karnaval budaya hari ini merupakan jati diri kita yang harus terus dipelihara. Melalui momen kemerdekaan ini, saya minta kepada semua masyarakat untuk membangun dan menjaga kebersamaan dan kekeluargaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain etnis nusantara, juga terdapat masyarakat dari lima benua, sehingga diharapkan agar masyarakat Kabupaten Mimika terus bergandengan tangan membangun Mimika sesuai dengan tugas dan peran masing-masing dengan penuh tanggung jawab dan bermartabat.

 “Warga yang ada di Mimika bukan hanya orang-orang Indonesia tapi juga  dari sejumlah negara di dunia.  Diharapkan semuanya dapat mengisi pembangunan sesuai dengan peran, tugas, dan tanggung jawab kita masing-masing,” ujarnya.

Dari pantauan Salam Papua, kemeriahan karnaval itu terlihat dari belasan ribu peserta yang menggunakan berbagai pakaian tradisional Nusantara. Tak ketinggalan kelompok paguyuban-paguyuban menampilkan tarian khas masing masing daerah.

Khusus paguyuban masyarakat Mimika, tampak membawa panah dan menggunakan atribut perang lainnya. Teriakan teriakan khas masyarakat pun terdengar. Moment ini tampaknya ditunggu-tunggu masyarakat, sehingga tampak masyarakat merekam di HP ataupun mengadakan siaran langsung melalui sosial media. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment