Soal Buang Sampah, Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

Bagikan Bagikan
Kepala Distrik Mimika Baru, Drs. Ananias Faot, M.Si, (Foto-Dok) 

SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Baru, Drs. Ananias Faot, M.Si, mengatakan bahwa kesadaran masyarakat di Kabupaten Mimika khususnya yang berada didalam wilayah kota Timika masih sangat rendah untuk membuang sampah secara aman dan teratur. Menurutnya, hal inilah yang menjadi penyebab utama penanganan sampah di Mimika.

“Ini persoalan yang sudah gencar ditangani oleh dinas lingkungan hidup (DLH). Tapi mau bagaimana kalau tingkat kesadaran masyarakat sangat rendah. Masyarakat masih buang sampah sembarangan, membuang diluar jadwal petugas pengangkut sampah,” ungkap Ananias saat ditemui di Kantor Distrik Mimika Baru, Jalan Cenderawasih, Senin (27/8).

Selain itu, banyak juga warga dari wilayah lain yang masuk dan membuang sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) milik warga wilayah lain. Dengan demikian, justru yang disoroti adalah warga wilayah TPS itu dan dianggap tidak menaati aturan membuang sampah.

Menurutnya, jika masyarakat benar-benar mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh DLH maka, Mimika akan lebih bersih dan bebas dari sampah. Sebab, selain sosialisasikan aturan, DLH telah menentukan TPS berdasarkan wilayah, bahkan untuk armada pengangkut maupun petugas kebersihannya.

“Saya pikir fasilitas seperti armada pengangkutan itu sudah ada. Tapi, kalau masyarakat tidak taat maka sama saja. Untuk di wilayah Distrik Miru (Mimika Baru) banyak warga yang mengeluhkan bahwa di TPS mereka itu merupakan sampah dari wilayah lain,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment