Tujuh SMP Ikut Lomba Seka

Bagikan Bagikan
Sekda Kabupaten Mimika, Ausilius You.

SMP YPPK ST.Bernardus Raih Nilai Tertinggi
SAPA (TIMIKA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You secara resmi membuka kegiatan Lomba Festival Budaya yaitu lomba seka tingkat SMP tahun 2018. Lomba tarian seka diikuti tujuh SMP dengan jumlah peserta 140 orang. Semua tim seka menampilkan yang terbaik, tetapi juri lomba menetapkan SMP YPPK Santo Bernardus sebagai Juara I dengan jumlah nilah 1185.

“Dalam perlombaan pasti ada menang dan kalah. Karena itu harus sportif dan bertanding dan siap menerima kekalahan. Karena itu, untuk menjadi pemenang maka tim harus kompak dengan menjaga suasana kekeluargaan dan kebersamaan. Kalau tim solid pasti akan menang, kalau tidak maka akan kalah,” kata Sekda You.

Ausilius You juga mengajak siswa-siswi untuk selalu mensyukuri dan menyampaikan terimakasih kepada Tuhan karena Dia baik. Panitia penyelenggara HUT RI mengadakan banyak kegiatan lomba. Selain itu terhitung 1 Agustus, seluruh masyarakat, guru, anak sekolah, PNS, karyawan swasta untuk kibarkan bendera Merah Putih. Hal ini adalah kebanggan, rasa nasionalisme sebagai orang Indonesia.

Tujuan perlombaan Tarian Seka yaitu, pertama melestarikan budaya lokal tarian seka suku Amungme dan Kamoro. Kedua memperkenalkan budaya suku Amungme dan Kamoro baik dalam daerah maupun luar daerah. Ketiga mempromosikan tarian seka ditingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di halaman Graha Eme Neme Yauware, terhitung tanggal 9-10 Agustus 2018. Lomba tarian seka diikuti 300 orang yang terdiri dari 140 peserta tingkat SMP dan 160 peserta tingkat SMA/SMK.

Sementara Juri dalam lomba seka berasal dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika. Dari tujuh tim seka, SMP YPPK Santo Bernardus keluar sebagai Juara I dengan jumlah nilai 1185, Juara II dari SMPN 2 dengan jumlah nilah 1175, Juara III dari SMPN 11 dengan jumlah nilah 1160, Harapan I dari SMP Yosua dengan jumlah nilai 1140, Harapan II dari SMPN 4 dengan jumlah nilah 1135, dan Harapan III dari SMPN 7 dengan jumlah nilai 1120.

Lomba seka tingkat SMP ditutup dengan seka bersama yang dipimpin oleh Sekda dan diikuti oleh panitia. (Maria Welerubun)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment