Usai Klarifikasi, Hanya DPC Partai Berkarya Diberi Kesempatan Melengkapi Berkas

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Mimika, Yoel Luis Rumaikewi.(foto-Salma)

*DPC PAN Timika Dinyatakan TMS Secara Otomatis
SAPA (TIMIKA) – Ketua KPU Mimika, Yoel Luis Rumaikewi, mengatakan usai mengklarifikasi persoalan yang terjadi pada dua partai yakni PAN dan Partai Berkarya pada KPU Mimika dan Bawaslu Papua selaku Panwaslu Mimika, hanya Partai Berkarya yang mendapat kesempatan dari KPU Mimika untuk melengkapi berkas agar menjadi perserta Pileg 2019.

“Kepada DPC Partai Berkarya, kami beri waktu selama empat hari untuk melengkapi berkas pendafataran bakal calon legislatif (Bacaleg), karena persoalan dualisme kepengurusannya itu sudah selesai. Di mana SK DPP Partai Berkarya yang ditandatangani oleh Ketua DPP Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra (Tomi Soeharto) dan Sekjend DPP Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso, menerangkan bahwa DPC Partai Berkarya Mimika diketuai oleh Atimus Komangal,” jelas Luis saat ditemui di Kantor KPU Mimika, Kamis (16/8) malam.

Untuk itu, kepada kepengurusan DPC Partai Berkarya yang diketuai oleh Atimus Komangal harus menyiapkan berkas-berkas tersebut. Apabila dalam jangka waktu yang ditentukan berkas tersebut belum terpenuhi, kata Luis, Partai Berkarya akan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Sementara untuk DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Mimika, Luis menegaskan, tidak dapat ditindaklanjuti sehingga secara otomotis dinyatakan TMS.

“Untuk Kabupaten Mimika, PAN dipastikan tidak dapat menjadi peserta Pileg 2019. Karena sampai hari ini tidak ada kejelasan tentang itu. informasinya mereka sudah mendaftarkan calegnya melalui DPP Pusat PAN di Jakarta. Sementara sesuai aturan, untuk DPC harus mendaftar ditingkat kabupaten,” ujarnya.

Sesuai Peraturan KPU (PKPU), kata ketua KPU Mimika itu, proses pendaftaran harus sesuai dengan waktu di tingkat daerah masing-masing. Sehingga apabila mendaftar melalui DPP Pusat, misalnya pada pukul 12.00 WIB, maka untuk di daerah Kabupaten Mimika menunjukkan pukul 02.00 WIT.
“Kalau mendaftar tepat jam 12 malam di Jakarta berarti disini sudah jam 2 dini hari. Jadi untuk DPC PAN Mimika dipastikan TMS secara otomatis. Karena waktu pendaftarannya tidak sesuai,” ujar Luis. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment