Anggota DPRD Minta Ada Transparansi Penggunaan Dana Otsus

Bagikan Bagikan
Anggota DPRD Mimika, Elias Mirip.(Foto-Salma)
SAPA (TIMIKA) - Anggota DPRD Mimika, Elias Mirip, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika transparan dalam penggunaan dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk Kabupaten Mimika. Pasalnya, untuk tahun 2018, Kabupaten Mimika mendapatkan dana otsus sekitar Rp100 miliar.

“Selama ini penggunaan dana otsus tersebut tidak dapat dinikmati masyarakat. Harus ada transparansi penggunaan dana itu. Termasuk sejauh mana penggunaan dana itu untuk pemberdayaan orang-orang Papua, baik dibidang usaha maupun pendidikan. Belum lagi mengingat dana tersebut nantinya berhenti disalurkan pada tahun 2021 mendatang,” ujarnya ketika ditemui awak media di Gedung DPRD Mimika, Selasa (4/9).

Bekerja sebagai Anggota DPRD dan merupakan perwakilan dari masyarakat Papua, Elias mengatakan, pemkab adalah perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat yang notabene pelayan bagi masyarakat. Untuk itu, dana otsus yang masuk di Papua sejak tahun 1999 dan akan berakhir pada tahun 2021 mendatang, harus dipertanggungjawabkan penggunaanya.

“Sebagai pelayan masyarakat, kita juga harus berkonsentrasi untuk menjajarkan orang Papua dengan masyarakat lain di nusantara. Maka, pemerintah harus dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana otsus lewat publikasi. Karena, hal itu penting untuk diketahui oleh masyarakat,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment